Ketahui Batasan Minum Kopi Setiap Hari

Ketahui Batasan Minum Kopi Setiap Hari

Bagi sebagian orang, meminum kopi setiap hari merupakan kewajiban yang tidak dapat dilewatkan. Baik itu minum kopi pada pagi hari, ataupun pada saat menemani aktivitas Anda seperti bekerja. Tetapi, tahukan Anda batasan minum kopi yang baik untuk tubuh Anda?

 

Kandungan dalam secangkir kopi

Dalam satu cangkir biasanya menggunakan 8 ons kopi dengan kandungan sekitar 70-140 miligram kafein. Banyaknya kopi yang digunakan juga bervariasi, tergantung pada jenis minuman dan olahan kopi yang Anda inginkan. Jadi dapat dikatakan semakin banyak takaran kopi, maka semakin banyak juga kandungan kafein di dalamnya. 

 

Batas aman minum kopi setiap hari

batas konsumsi kopi dalam sehari

Memang sebenarnya segala hal yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan ya, Fams. Termasuk jika berlebihan dalam mengonsumsi kopi setiap hari. Mengonsumsi kopi setiap hari dapat membuat Anda tetap terjaga, tetap fokus, atau sekadar teman dalam menyelesaikan pekerjaaan. Tetapi dibalik semua itu, Anda harus tau batas aman minum kopi serta adakah manfaat kopi bagi kesehatan.

Berdasarkan hasil studi dari berbagai penelitian di dunia, mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat memberikan efek samping bagi kesehatan. Salah satunya hasil studi yang dilaporkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, bahwa mengonsumsi kopi lebih dari 6 cangkir atau lebih dalam sehari, dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius. Dalam penelitian lain dari Australia, minum kopi 6 cangkir atau lebih dalam sehari meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung sebesar 22%. 

Dr. Ang Zhou dan Profesor Elina Hypponen dari University of South Australia melakukan studi mengenai risiko mengonsumsi minuman berkafein. Dalam studi pertama, mereka menguji batas aman atas konsumsi kopi terkait dengan kesehatan jantung. Penelitian dilakukan dengan memeriksa beberapa banyak kopi yang dikonsumsi 347.077 orang berusia 37-73 tahun. Kemudian mereka membandingkan total kopi yang dikonsumsi dengan risiko penyakit kardiovaskular.

Hasil dari penelitian tersebut mendapatkan bahwa terdapat risiko penyakit kardiovaskular saat Anda mengonsumsi 6 cangkir kopi atau lebih dalam sehari. Maka itu, didapatkan bahwa batas aman mengonsumsi kopi perhari kurang dari 6 cangkir. Karena berdasarkan data, 6 cangkir merupakan titik kritis di mana kafein mulai berdampak negatif pada risiko kardiovaskular. 

Menurut dr. Kimbre Zahn yang merupakan dokter keluarga dan dokter kesehatan olahraga Indiana University, secara umum batasan mengonsumsi kafein harian kurang atau sama dengan 400 miligram perhari. Ini setara dengan mengonsumsi sekitar 4-5 cangkir kopi dalam sehari. Walaupun begitu,batasan konsumsi kafein ini memang tidak hanya berasal dari kopi saja. Tetapi bisa juga dari mengonsumsi teh, soda, dan makanan. 

 

Batasan aman minum kopi berdasarkan usia

Batas aman minum kopi tidak hanya terbatas pada orang dewasa saja lho. Tetapi asupan kafein di dalam kopi juga harus diperhatikan pada mereka yang berusia 18 tahun ke bawah. Menurut American Academy of Pediatrics, anak-anak berusia 12-18 tahun harus membatasi penggunaan kafein hingga 100 miligram perhari. Ini sama saja dengan 1 cangkir kopi, 1-2 cangkir teh, atau 2-3 minuman soda. 

Kelebihan konsumsi kafein dapat memberikan efek negatif bahkan kematian pada anak dan remaja walaupun kasusnya tergolong jarang. Sebab kafein dapat memberikan efek samping berupa kecemasan, diare, dan dehidrasi. 

 

Efek samping lainnya dari kopi

manfaat kopi bagi kesehatan

Selain kafein, campuran dalam secangkir kopi yang Anda minum juga tidak baik bagi kesehatan. Salah satunya adalah penggunaan krim dan gula dalam kopi. Kedua kandungan ini memang memberikan cita rasa yang enak bagi kopi, tetapi tidak bagi kesehatan. Sebab keduanya menyumbangkan kalori bagi tubuh Anda. 

Bahkan menurut Penny Kris-Etherton, seorang Profesor nutrisi di Penn State University, menambahkan gula justru menghilangkan manfaat dari kopi hitam. Kopi sendiri sebenarnya merupakan sumber antioksidan nomor satu dalam makanan manusia, melebihi anggur dan teh. Tetapi dengan batasan minum sekitar 3-4 cangkir kopi setiap hari. 

 

Alternatif selain kopi untuk aktivitas harian

Nah, bagi Anda yang sudah sangat tergantung pada kopi saat menghadapi pekerjaan yang menumpuk, ada baiknya mencari alternatif lain. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi suplemen Blackmores Executive B. Suplemen ini terbuat dari kombinasi bahan-bahan yang bermanfaat bagi Anda dengan pekerjaan yang menumpuk. 

Penggunaan bunga herbal dan gandum di dalam Blackmores Executive B dapat membantu mengatasi stress dan insomnia karena memiliki sifat santai dan menenangkan. Bahkan kalium dan magnesium fosfat secara tradisional diindikasikan untuk membantu Anda dari gejala stres dan kecemasan, gangguan tidur, lekas marah, dan hiperaktif.

ganti konsumsi kopi dengan Suplemen Blackmores Executive B

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda dapat mengonsumsi Blackmores Executive B 2 kali sehari atau dengan petunjuk dari dokter. Yuk segera dapatkan Blackmores Executive B dengan mudah melalui KALCare. 

 

Nikmati berbagai promo menarik serta point reward dengan pembelanjaan suplemen Blackmores di KALCare. Dapatkan juga berbagai informasi menarik seputar kesehatan keluarga dan harga spesial suplemen Blackmores melalui sosial media Instagram, Facebook, WhatsApp, dan Telegram.

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

Healthline.com. Here’s The Exact Number of Cup of Coffee You Can Drink Per Day https://www.healthline.com/health-news/6-cups-of-coffee-a-day-is-safe-but-more-isnt-healthy#What-are-the-health-benefits-associated-with-coffee-consumption. Diakses pada 16 Juni 2021

Usatoday.com. Health Benefits Coffee, How Much Drink and The Risk https://www.usatoday.com/story/news/2019/08/24/health-benefits-coffee-how-much-drink-and-there-risks/1639899001/. Diakses pada 16 Juni 2021