Ketahui Bahan Skincare yang Berbahaya bagi Ibu Hamil

Ketahui Bahan Skincare yang Berbahaya bagi Ibu Hamil

Setiap wanita memiliki permasalahan kulit seperti, jerawat hormonal, flek hitam di pipi, dan kulit kusam. Dalam kondisi seperti itu, mereka biasanya akan berbelanja produk kecantikan yang dapat mengatasi masalah-masalah kulit tersebut. Namun, sebagian wanita mungkin akan bertanya-tanya, apakah produk kecantikan tersebut aman digunakan jika sedang hamil?

Beberapa produk perawatan seperti pembersih wajah, serum, pelembab, riasan wajah biasanya mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi ibu hamil dengan janin yang masih berkembang. Lalu, apa saja sih kandungan skincare yang berbahaya bagi ibu hamil? Berikut penjelasannya.

ketahui bahan skin care yang berbahaya bagi ibu hamil

 

Retinoid

Vitamin A merupakan nutrisi penting yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit, kekebalan tubuh, reproduksi, dan kesehatan mata. Setelah dikonsumsi atau diserap melalui kulit, maka tubuh akan mengubahnya menjadi retinol.

 

Kebanyakan produk kecantikan yang memiliki fungsi untuk mengatasi garis halus pada kulit, jerawat, menggunakan jenis retinol yang disebut retinoid. Retinoid bekerja dengan cara mengeksfoliasi lapisan kulit paling atas atau epidermis agar mempercepat regenerasi kulit dan meningkatkan produksi kolagen yang bertujuan untuk meremajakan kulit.

 

Namun, untuk wanita hamil sebaiknya menghindari kandungan ini. Penggunaan produk dengan kandungan retinoid dapat menyebabkan cacat pada janin. Dilansir dari Healthline, penggunaan retinoid seperti isotretinoin dapat menimbulkan risiko 20%-35% cacat bawaan yang parah dan lebih dari 60% anak-anak yang lahir dari ibu yang menggunakan retinoid menunjukkan gangguan kognitif akibat terpapar sejak di dalam rahim.

 

Baca juga: 5 Tips Merawat Kulit di Usia 40 Tahun ke Atas

 

Paraben

Beberapa jenis paraben seperti, methylparaben, propylparaben, butylparaben, dst. biasa digunakan sebagai bahan pengawet dalam kosmetik. Namun, jika produk yang mengandung bahan ini digunakan oleh ibu hamil dapat mengakibatkan kelebihan berat badan pada anak di masa mendatang.

 

Maka dari itu, para peneliti menganjurkan agar para ibu yang sedang berada di periode kehamilan hingga menyusui sebaiknya menggunakan skincare yang tidak mengandung paraben.

 

Oksibenzon

Oksibenzon merupakan senyawa kimia yang sering ditemukan dalam tabir surya yang berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Namun, senyawa ini juga dikenal sebagai pengganggu endokrin yang buruk bagi ibu hamil.

 

Sebuah studi pada tahun 2018 menunjukkan bahwa paparan oksibenzon selama kehamilan hingga menyusui dapat mempengaruhi kelenjar susu sang ibu. Penelitian pada hewan lain juga menunjukkan terjadinya kerusakan permanen pada janin.

 

Hidrokuinon

Hidrokuinon sering ditemukan dalam produk krim pencerah kulit. Menurut beberapa penelitian, senyawa kimia ini mudah terserap ke dalam tubuh sekitar 45% dibandingkan dengan senyawa lain. Hal tersebut dapat membahayakan bagi janin yang sedang berkembang.

 

Baca juga: Ini Urutan Perawatan Kulit Wajah pada Malam Hari

 

AHA dan BHA

Bahan aktif ini paling populer digunakan oleh masyarakat untuk mengeksfoliasi kulit mati. AHA dan BHA efektif dalam mengatasi peradangan, menyamarkan pori-pori dan kerutan, meratakan warna kulit, dan mencegah jerawat.  Penggunaan bahan ini sebaiknya dihindari saat sedang hamil.

 

Baca juga: Efek Samping Eksfoliasi yang Berlebihan

 

Formaldehida

Bahan kimia ini sering ditemukan di dalam proses pelurusan rambut di salon dan cat kuku. Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention. Bahwa senyawa ini dapat meningkatkan risiko infertilitas dan keguguran.

 

Itulah bahan-bahan skincare yang sebaiknya dihindari oleh ibu selama masa kehamilan. Jika Anda memiliki masalah kulit seperti jerawat, Anda dapat menggunakan produk yang mengandung benzoyl peroxide sebagai alternatif.

 

Namun, jika ragu, Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter untuk mencari skincare yang aman bagi ibu hamil. Selain itu, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan janin dengan mengonsumsi Lovamil susu ibu hamil dan menyusui. Dengan kandungan Polydextrose, Asam folat, DHA, Protein, Zat besi esensial, 11 vitamin dan 7 mineral, Lovamil dapat memberikan gizi selama masa kehamilan dan menyusui. Yuk langsung saja dapatkan Lovamil dengan mudah di sini.

 

Salam,

KALCare

(NA)

 

Sumber: 

  • https://www.healthline.com/health/pregnancy/pregnancy-safe-skin-care#takeaway
  • https://www.cdc.gov/niosh/topics/repro/formaldehyde.html
  • https://www.sciencedaily.com/releases/2020/02/200212111438.htm
  • https://www.todaysparent.com/pregnancy/pregnancy-health/beauty-products-that-are-safe-to-use-during-pregnancy-and-breastfeeding/
  • https://www.healthline.com/health/pregnancy/benzoyl-peroxide
  • https://www.healthline.com/health/aha-vs-bha