Ketahui Bahan Skincare yang Berbahaya bagi Ibu Hamil

Ketahui Bahan Skincare yang Berbahaya bagi Ibu Hamil

Tampil cantik dan menawan adalah keinginan semua perempuan. Keinginan ini tentu tidak akan luntur, walaupun saat sedang dalam kondisi hamil. Tetapi ternyata pada saat hamil, Ibu perlu hati-hati dalam menggunakan produk perawatan kulit atau disebut juga sebagai skin care. Karena ada beberapa bahan pada skin care yang dapat memberikan efek samping bagi kehamilan, terutama janin.

 

5 daftar bahan berbahaya skin care bagi kehamilan

 

ketahui bahan skin care yang berbahaya bagi ibu hamil

 

1. Benzoyl peroxide

Bahan skin care pertama yang berbahaya bagi ibu hamil adalah benzoyl peroxide atau benzoil peroksida. Benzoyl peroxide digunakan dalam skin care karena efektif untuk mengatasi masalah jerawat. Memang pada beberapa kasus, kehamilan dapat menyebabkan munculnya jerawat berlebih akibat hormon. Namun, bahan ini dapat menyebabkan kerusakan yang serius pada janin. Untuk itu sebaiknya Anda mencari skin care lain yang tidak memiliki kandungan benzoyl peroxide atau melakukan konsultasi dengan dokter kandungan dan dermatologi.

 

2. Hidrokuinon

Hidrokuinon biasanya digunakan sebagai pencerh kulit dalam serum dan krim pencerah wajah. Atau terdapat juga dalam skin care yang mengatasi masalah flek hitam pada kulit. Menurut Jenna Queller, MD, FAAD, dari MFC Dermatology, sebanyak 45% bahan ini diserap dalam kulit dan berisiko mengontaminasu darah. Walaupun belum ada informasi mengenai efek samping terhadap kehamilan, proses kerja bahan ini yang meresap melalui darah perlu dikhawatirkan karena darah akan terlalu banyak menyerap bahan kimia. Bahkan Dr. Queller menganjurkan ibu hamil untuk menghindari skin care yang mengandung hidrokuinon hingga bayi lahir.

 

3. Paraben

Bahan selanjutnya di dalam skin care yang perlu dihindari selama kehamilan adalah paraben. Bahan kimia paraben sering kali dikaitkan dengan kanker payudara dan memengaruhi sistem reproduksi. Selain itu, bahan ini dapat terakumulasi di dalam tubuh. Sehingga paparan paraben pada ibu hamil dapat menyebabkan gangguan bagi perkembangan janin, bahkan pada saat bayi telah lahir. Perlu Anda tahu, paraben biasanya digunakan sebagai bahan untuk mengawetkan produk.

 

4. Retinoid

Retinoid merupakan bahan yang banyak terdapat dalam krim anti-aging atau anti penuaan. Bahan ini termasuk dalam turunan dari vitamin A, seperti retinoic acid, retinyl palmitate, dan retinaldehyde. Dalam sebuah penelitian terhadap hewan, ditemukan bahwa terdapat hubungan antara penggunaan retinoid dengan peningkatan risiko cacat lahir pada bayi yang sedang berkembang. Tidak hanya itu, penggunaan retinoid pada masa kehamilan berisiko menyebabkan keracunan pada liver.

 

5. Sodium lauryl sulfate

Bahan yang satu ini memang jarang ditemukan pada produk kecantikan kulit. Tetapi Anda bisa menemukannya penggunaan sodium lauryl sulfate pada produk sabun dan shampo. Bahan kimia ini berfungsi sebagai pembuat busa. Sayangnya, beberapa produsen menggunakan sodium lauryl sulfate dalam jumlah yang banyak, bahkan berlebih. Padahal bahan ini memiliki tingkat konsentrasi yang terlalu mengiritasi kulit menurut standar kosmetik. Karena tubuh seseorang tidak mampu memecah bahan kimia sodium lauryl sulfate, dan paparan dalam jangka waktu yang cukup lama dapat menyebabkan masalah pada sistem saraf. Bahkan dapat mengganggu fungsi organ ginjal dan hati. Sehingga tidak disarankan ibu hamil menggunakan produk kecantikan dengan bahan sodium lauryl sulfate.

 

Itulah 5 bahan skin care yang sebaiknya dihindari oleh ibu selama masa kehamilan. Jika ragu, Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter untuk mencari skin care yang aman bagi ibu hamil. Selain itu, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan janin dengan mengonsumsi Lovamil susu ibu hamil dan menyusui. Dengan kandungan Polydextrose, Asam folat, DHA, Protein, Zat besi esensial, 11 vitamin dan 7 mineral, Lovamil dapat memberikan gizi selama masa kehamilan dan menyusui. Yuk langsung saja dapatkan Lovamil dengan mudah di sini.

 

Lovamil bantu mememberikan nutrisi selama masa kehamilan dan menyusui

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/1/2019/15249/saat-hamil-hindari-10-kandungan-skincare-berbahaya-ini