Kesalahan dalam Merawat Bayi


Kesalahan dalam Merawat Bayi

Kesalahan dalam Merawat Bayi

Semua orang tua, khususnya orang tua baru, pasti pernah mengalami kesalahan dalam merawat bayi mereka. Tahukah Anda, 10 kesalahan yang sering dibuat oleh orang tua dalam merawat bayinya? Berikut penjelasannya dan cara untuk menghindari hal tersebut.

 

  • Terlalu panik.

Rasa panik memang muncul secara spontan. Namun jika Anda terlalu panik dalam merawat bayi Anda, maka hal tersebut hanya akan memperburuk keadaan. Cobalah untuk menikmati masa-masa merawat buah hati Anda, dan lebih seringlah berkonsultasi dengan dokter Anda.

 

  • Tidak mengetahui perbedaan antara meludah dan muntah

Perbedaan antara muntah dan meludah terletak pada frekuensinya. Jika bayi diberi makanan atau ASI, biasanya mereka akan meludah. Namun, bayi muntah ketika ia mengeluarkan makanannya pada waktu tertentu, misalnya 30-45 menit sekali, meskipun tidak diberi ASI.

 

  • Mengenakan pakaian bayi yang terlalu rapat dan terlalu lama membedong

Bayi mudah merasa kepanasan. Oleh karena itu, kenakanlah pakaian yang sesuai dengan cuaca atau kondisi. Membedong terlalu lama, selain membuat bayi kepanasan, juga menyebabkan bayi susah bergerak.

 

  • Membiarkan bayi tidur tengkurap

Kebiasaan ini dapat menyebabkan terjadinya Sudden Infant Death Syndrome atau kematian bayi secara mendadak, karena sulitnya bernapas. Sebaiknya perhatikan cara bayi tidur, dan perhatikan pula alas tidur mereka.

  • Terlalu sering memberikan antibiotik

Pemberian antibiotik harus sesuai dengan saran dokter, guna menghindari kekebalan tubuh bayi Anda terhadap antibiotik, jika mereka memerlukannya suatu saat nanti.

 

  • Tidak bekerjasama dengan pasangan

Berikan kesempatan kepada sang ayah untuk ikut menggendong, mengasuh atau mengganti popok bayinya. Hal ini, selain membantu pekerjaan ibu, juga memperkuat pernikahan dan keharmonisan dengan pasangan lho.

 

  • Tidak memiliki jadwal tidur yang tetap

Saat bayi menginjak usia 4 bulan, ia seharusnya sudah mulai memiliki jadwal tidur yang teratur. Anda, sebagai orangtuanya, harus menjadwalkan tidur bagi bayi Anda sesuai dengan kebiasaannya. Biasakan juga mereka untuk tidur siang, karena hal ini dapat membantu proses pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda.

 

  • Membangunkan bayi Anda untuk meminum ASI

Ketika bayi Anda merasa lapar atau haus, maka mereka akan menangis, begitulah cara mereka berkomunikasi. Jika ia tertidur di jam-jam seharusnya ia minum susu, artinya ia masih merasa kenyang. Biarkan bayi Anda tidur nyenyak, sehingga Anda pun dapat beristirahat terlebih dahulu.

 

  • Kurang memperhatikan kesehatan mulut mereka sejak kecil

Kebersihan mulut bayi sangat penting. Jangan memberikan ASI atau susu dalam posisi tidur jika gigi mereka sudah muncul, karena dapat memicu tumbuhnya rongga atau lubang gigi. Gunakan kain bersih dan air untuk membersihkan giginya, dan gunakan sikat gigi ketika mereka sudah berusia 1 tahun.

 

  • Membandingkan perkembangan bayi Anda dengan bayi lain

Setiap bayi memiliki jadwal pertumbuhan dan perkembangan sendiri. Jadi, lebih baik Ayah dan Ibu fokus terhadap perkembangan buah hati mereka saja, jangan membandingkannya dengan bayi lain.

 

Itulah 10 kesalahan yang biasa terjadi dalam merawat buah hati Anda. Yang paling penting adalah, setiap orang tua harus menikmati masa-masa merawat bayi mereka,sehingga tidak merasa beban dan mengurangi terjadinya kesalahan. Semoga informasi tersebut bermanfaat, dan Anda bisa semakin cerdas dalam merawat buah hati Anda!

 

Salam,

KALBE Store