Kesalahan Dalam Memberi Susu Formula yang Mungkin Belum Anda Sadari

Kesalahan Dalam Memberi Susu Formula yang Mungkin Belum Anda Sadari

Di zaman seperti sekarang ini, pemberian susu formula kepada anak tampaknya sudah menjadi hal yang wajar. Kandungan nutrisinya yang lengkap menjadikannya sempurna sebagai kandidat makanan pelengkap anak. Bahkan ada juga orang tua yang memberikan susu ini sejak dini. Namun perlu diketahui. Susu formula bukanlah pengganti ASI. Pemberiannya pun harus disesuaikan dengan aturan. Hal serupa juga berlaku pada susu berkualitas sekelas Susu Morinaga. Jangan sampai karena ketidaktahuan, Anda melakukan beberapa kesalahan berikut ini.

 

Memberi Susu Formula Pada Bayi Usia di Bawah 6 Bulan

Susu formula sebenarnya mirip seperti multivitamin. Meski kaya akan nutrisi, ada aturan yang sangat ketat mengenai kapan si kecil boleh mengonsumsinya. Usia ideal untuk mulai memberi susu formula adalah saat si kecil sudah berusia 1 tahun. Usia di atas 6 bulan juga ada yang diperbolehkan. Namun beda halnya dengan bayi usia di bawah 6 bulan. Pada usia ini, seharusnya bayi mendapatkan ASI eksklusif. Memberikan susu formula terlalu dini justru kontra produktif. Pemberian susu formula pada anak di bawah 6 bulan hanya boleh dilakukan dalam kondisi medis tertentu. Itu pun harus atas rekomendasi dokter.

 

Terlalu Sering Memberi Susu Formula

Berbeda dengan ASI yang boleh diberikan kepada anak kapanpun ia membutuhkannya, susu formula hanya boleh diberikan pada waktu-waktu tertentu saja. Dalam sehari, susu formula yang diberikan tidak boleh lebih dari 3 gelas. Karena jika lebih dari itu, susu formula justru bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan pada anak seperti obesitas dan daya tahan tubuh yang lemah.

 

Tidak Langsung Menghabiskan Susu Formula

Setelah dibuat, susu formula harus segera dihabiskan. Semakin lama susu tersebut didiamkan di suhu ruangan, semakin banyak bakteri dan kuman yang tumbuh di dalamnya. Namun jika susu yang sudah terlanjur dibuat masih tersisa, segera simpan di dalam lemari es dan tidak boleh terus disimpan melebihi 24 jam.

 

Semua susu formula, termasuk Susu Morinaga hanya akan memberikan manfaat terbaiknya jika diberikan kepada si kecil sesuai dengan aturan. Jangan tergesa-gesa dan terlalu berlebihan. Selama Anda selalu berpegang teguh pada aturan pemakaian susu formula dan anjuran dokter, manfaat terbaik dari Susu Morinaga pasti bisa Anda dapatkan.

 

 

 

Salam,

KALBE Store