Alasan Kenapa Penyakit Asam Lambung Sering Dirasakan Oleh Ibu Hamil


Alasan Kenapa Penyakit Asam Lambung Sering Dirasakan Oleh Ibu Hamil

Alasan Kenapa Penyakit Asam Lambung Sering Dirasakan Oleh Ibu Hamil

Gejala penyakit asam lambung (GERD) kerap dialami oleh sebagian besar ibu hamil. Salah satu gejala paling umum dari GERD ini adalah rasa nyeri pada bagian ulu hati. Tak jarang gejalanya semakin parah seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Mengonsumsi makanan sehat dan susu ibu hamil memang membantu meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil. Namun saat gangguan kesehatan ini muncul, butuh lebih dari sekedar menjaga gaya hidup saja untuk mengatasinya. Tapi kenapa penyakit ini sering dialami oleh ibu hamil?

 

Penyebab Penyakit Asam Lambung Saat Masa Kehamilan

Ada kaitan erat antara seringnya ibu hamil mengalami asam lambung dan janin yang dikandungnya. Bahkan gangguan kesehatan ini semakin tinggi seiring dengan semakin besarnya janin. Saat janin dan rahim membesar, hal ini menyebabkan makanan dan asam lambung tertekan hingga naik ke kerongkongan.

 

Normalnya, makanan yang masuk akan turun ke lambung melalui kerongkongan atau esofagus. Di sini katup LES berperan penting dalam mencegah asam lambung naik dengan membuka dan memasukkan makanan ke dalam lambung. Namun pada kasus GERD, respons katub LES ini tidak seketat biasanya. Inilah yang menyebabkan asam lambung lebih mudah naik. Bahkan saat Anda mengonsumsi makanan cair seperti susu ibu hamil sekalipun, hal ini bisa terjadi.

 

Cara Menangani GERD

Jika Anda mengalami gangguan kesehatan yang satu ini, tidak perlu khawatir. Ini masih termasuk normal dialami oleh ibu hamil. Hanya saja, penanganan tetap dibutuhkan. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menangani GERD ini. Beberapa diantaranya adalah dengan menghindari rokok, jangan ngemil di malam hari dan makan makanan dalam porsi kecil.

 

Menghindari makanan yang dapat memperparah GERD juga diperlukan. Misalnya saja seperti makanan pedas dan makanan yang memiliki rasa asam. Mint, cokelat dan kopi juga harus dihindari. Saat gejala GERD muncul, Anda bisa mengonsumsi yoghurt atau segelas susu. Susu ibu hamil juga bisa dijadikan pilihan.

 

Menjaga kesehatan selama masa kehamilan sangatlah penting. Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat sangat disarankan. Jangan lupa juga untuk selalu melengkapi kebutuhan nutrisi harian dengan mengonsumsi susu ibu hamil seperti susu Prenagen.

 

 

 

Salam,

KALCare