Kenapa MPASI Harus Diberikan Tepat Waktu dan Tidak Boleh Lewat

Kenapa MPASI Harus Diberikan Tepat Waktu dan Tidak Boleh Lewat

Selama 6 bulan pertama, ASI adalah makanan bayi satu-satunya. Pemberian ASI eksklusif ini bahkan telah diatur dalam undang-undang Indonesia. Bukan tanpa alasan, ASI memiliki kandungan nutrisi yang sangat kaya. Kandungan nutrisi tersebut juga sangat pas untuk bayi yang sedang berada di masa pertumbuhannya. Namun setelah menginjak usia 6 bulan, bayi harus mulai diberi makanan pendamping ASI atau yang biasa disebut dengan MPASI. Pemberian makanan pendamping ini pun harus dilakukan tepat waktu. Jangan sampai terlalu awal atau terlalu terlambat.

 

Manfaat MPASI untuk Pertumbuhan Si Kecil

Setelah menginjak usia 6 bulan, kandungan nutrisi dalam ASI biasanya sudah tidak lagi mampu memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Seiring dengan berjalannya waktu, produksi ASI juga cenderung berkurang. Pada saat ini, si kecil butuh tambahan makanan lain demi memenuhi kebutuhan nutrisi setiap harinya. Hal ini juga bisa dilihat dari kebiasaan si kecil yang mulai tertarik dengan makanan dan mulai memasukkannya ke dalam mulut. Hanya saja, tidak semua makanan boleh diberikan kepada bayi. MPASI yang baik untuk bayi usia 6 bulan adalah makanan yang lembut dan tidak lengket.

 

Memberikan MPASI pada usia 6 bulan membantu si kecil untuk mengenal makanan selain ASI. Jika si kecil sudah mengenal makanan di usia yang tepat, ia juga cenderung lebih mudah menerima makanan selain ASI. Akan tetapi ada bahaya jika memberikan MPASI terlalu dini. Karena kondisi pencernaannya belum siap, hal tersebut justru bisa mengganggu kesehatannya. Begitu pula jika diberikan terlalu terlambat. Bisa jadi, nantinya si kecil sulit menerima makanan lain selain ASI.

 

Memilih MPASI yang Baik Untuk Si Kecil

Memilih MPASI untuk si kecil juga harus hati-hati. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Anda harus memperhatikan tekstur makanan yang hendak diberikan ke anak. Pada usia 6 bulan, Anda bisa memberikan buah-buah yang lembut seperti pisang. Haluskan terlebih dahulu sebelum memberikannya kepada si kecil. Selain pisang, bubur bayi atau biskuit bayi juga bisa dijadikan pilihan. Namun saat hendak memilih makanan bayi, pastikan juga untuk memilih produk yang telah teruji seperti Milna.

 

 

 

Salam,

KALBE Store