Kenapa Kopi Berbahaya Bagi Ibu Hamil


Kenapa Kopi Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Kenapa Kopi Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Di belahan bumi manapun, kopi kerap menjadi senjata ampuh untuk menghilangkan kantuk. Efek mengonsumsi kopi ini mirip seperti minuman energi. Tubuh menjadi terasa lebih bugar dengan energi yang meledak-ledak. Manfaat ini bisa Anda peroleh jika mengonsumsinya dengan takaran yang tepat. Melihat semua manfaat tersebut, tak mengherankan jika kopi begitu populer. Apakah Anda juga termasuk salah satunya? Sebenarnya tidak ada yang salah dengan mengonsumsi kopi. Tapi jika Anda sedang hamil, ada baiknya untuk menghindarinya terlebih dahulu. Karena tak seperti susu ibu hamil yang khasiatnya bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan selama masa kehamilan, risiko dari kopi justru semakin tinggi jika dikonsumsi dalam kondisi hamil. Tapi kenapa bisa demikian?

 

Efek Kafein Pada Ibu dan Janin

Ada beberapa alasan kenapa konsumsi kopi selama masa kehamilan perlu dikurangi atau bahkan dihindari. Salah satu diantaranya adalah sifat kafein yang mampu menembus plasenta hingga mempengaruhi detak jantung sang bayi. Bahaya lain yang juga tak kalah mengancam adalah bayi lahir dengan berat badan yang rendah. Bagi sang ibu sendiri, konsumsi kopi yang tidak terkontrol juga bisa memicu anemia dan nyeri pada ulu hati.

 

Sayangnya, semua itu bukan bagian terburuknya. Risiko mengalami keguguran juga semakin tinggi seiring dengan jumlah kafein yang dikonsumsi oleh sang ibu. Itulah kenapa selama masa kehamilan sebaiknya Anda menghindari konsumsi kopi dan minuman lain yang mengandung kafein. Daripada mengonsumsi minuman-minuman seperti ini, minum susu ibu hamil jelas lebih bermanfaat.

 

Aturan Minum Kopi

Bagi orang yang dalam kondisi sehat, ada batasan jumlah kafein yang bisa dikonsumsi setiap harinya. Batas maksimalnya adalah 200 miligram per hari atau sekitar 2 cangkir kopi instan. Tapi perlu diingat, ini adalah angka total kafein, bukan hanya dari kopi yang Anda minum. Jika makanan dan minuman lain yang Anda konsumsi juga ada yang mengandung kafein, batas konsumsi kopi yang bisa diminum tentu akan berbeda.

 

Batasan konsumsi kafein pada ibu hamil sebenarnya tidak berbeda jauh. Namun jika ingin mengonsumsi kafein, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Ingat, apa yang Anda konsumsi akan berdampak pada janin. Jadi hati-hati saat hendak makan atau minum apapun. Jika ingin janin Anda tumbuh dengan sehat, konsumsi juga makanan sehat dan susu ibu hamil. Susu hamil yang dipilih pun harus memiliki gizi seimbang seperti yang bisa dijumpai pada Susu Prenagen.

 

 

 

Salam,

KALBE Store