Kenapa ASI Disebut Sebagai Makanan Terbaik Untuk Bayi

Kenapa ASI Disebut Sebagai Makanan Terbaik Untuk Bayi

Karena hal-hal tertentu, ada beberapa orang tua yang memilih memberikan susu formula terbaik untuk bayi. Padahal menurut para ahli, pemberian susu formula sangat tidak dianjurkan untuk anak usia di bawah 1 tahun. Susu formula sendiri baru boleh diberikan setelah anak menginjak usia 1 tahun. Itu pun dengan aturan yang cukup ketat. Selama usia 0-6 bulan, ASI adalah makanan satu-satunya yang boleh diberikan untuk anak. Bahkan pemberian air putih pun tidak dianjurkan. Mungkin sebagian besar diantara Anda tahu bahwa ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Tapi tahukah Anda apa yang membuatnya demikian?

 

Kandungan Nutrisi Dalam ASI

Penilaian bahwa ASI adalah makanan terbaik untuk bayi tak terlepas dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Bisa dibilang, ASI memiliki semua nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Nutrisi-nutrisi tersebut meliputi lemak, protein, sodium, potasium, karbohidrat, vitamin A, vitamin D, vitamin B12 dan kalsium. Semua kandungan tersebut juga memiliki takaran yang tepat untuk bayi. Jadi tanpa memberikan susu formula terbaik untuk bayi sekalipun, kebutuhan nutrisi si kecil sudah bisa terpenuhi.

 

Berkat kandungan nutrisi yang begitu lengkap, tak hanya pertumbuhan tubuh ataupun otaknya saja yang berkembang secara optimal. ASI juga membantu membentuk hubungan yang lebih erat antara ibu dan bayinya. Bagi ibu sendiri, memberikan ASI juga baik untuk diet. Saat menyusui, banyak kalori yang terbakar. Jadi meski tidak melakukan diet menurunkan berat badan sekalipun, berat badan sang ibu akan kembali normal setelah memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan.

 

Aturan Memberikan ASI

Sebenarnya tidak ada aturan khusus saat memberikan ASI kepada si kecil. Ibu bisa memberikannya saat si kecil lapar atau menginginkannya. Meski demikian, ibu juga harus tahu pola makan sang buah hati. Saat hendak memberi ASI, payudara sebaiknya juga dalam kondisi bersih. Karena itulah ibu juga harus merawat payudara baik-baik. Memberi ASI sendiri tidak harus lama-lama. Rata-rata, 10 menit sudah cukup atau setidaknya sampai bayi merasa kenyang.

 

ASI harus menjadi makanan utama bayi usia 0-6 bulan. Setelah menginjak usia 1 tahun, barulah si kecil boleh diberikan susu formula terbaik untuk bayi. Memilih susu formula pun hendaknya dilakukan dengan hati-hati. Untuk yang satu ini, susu Morinaga adalah salah satu pilihan terbaik yang bisa dijumpai di pasaran.

 

 

 

Salam,

KALBE Store