Kenali Tanda Si Kecil Kekurangan Nutrisi


Kenali Tanda Si Kecil Kekurangan Nutrisi

Kenali Tanda Si Kecil Kekurangan Nutrisi

Selama masa pertumbuhan, anak membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Nutrisi-nutrisi tersebut dapat dicukupi melalui pemberian ASI dan MPASI. Setelah usia 1 tahun, anak juga boleh menerima susu formula untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya. Di usia pertumbuhan ini, kekurangan nutrisi bukanlah hal yang sepele. Karena jika terus didiamkan untuk jangka waktu yang panjang, hal tersebut akan mengganggu pertumbuhannya, termasuk pertumbuhan sistem kekebalan tubuh sang anak. Para orang tua juga perlu tahu tanda anak yang kekurangan nutrisi. Karena berangkat dari sini, Anda bisa melihat apakah nutrisi yang diperoleh si kecil sudah terpenuhi atau belum.

 

Badan Kurus

Pertumbuhan anak usia 0-2 tahun biasanya terlihat jelas. Pertumbuhan tersebut dapat dilihat dari perubahan tinggi badan dan berat badannya. Namun jika anak tidak mengalami kenaikan badan selama 3 bulan, Anda perlu waspada. Karena bisa jadi asupan nutrisi yang ia butuhkan tidak terpenuhi. Anda juga perlu mengonsultasikannya ke dokter. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga apabila si kecil memiliki gangguan kesehatan. Untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya, pemberian susu formula di usia 1 tahun juga bisa menjadi langkah jitu.

 

Sering Sakit

Dalam rentang usia 0-2 tahun si kecil umumnya memang kerap jatuh sakit. Setidaknya ia akan sakit sebanyak 4-8 kali. Namun jika intensitasnya lebih tinggi dari itu, ada kemungkinan nutrisi yang dibutuhkannya kurang terpenuhi. Pemberian makanan bergizi dan susu formula memang akan membantu. Namun jika kondisi ini terlihat mengkhawatirkan, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

 

Lemas

Anak yang kekurangan nutrisi biasanya terlihat lemas dan sering mengantuk. Ia terlihat kurang bersemangat bahkan saat bermain dengan teman-temannya. Bahkan saat diajak melakukan hal yang ia sukai, respons yang diberikannya juga cenderung sama saja.

 

Selain ketiga tanda di atas, anak yang kekurangan gizi juga menunjukkan kondisi tubuh yang kurang sehat seperti kulit kering cenderung keriput, rewel, pasif, mata terlihat cekung, rambut tipis dan jingkat kepala yang tidak normal. Untuk mengatasi masalah kekurangan nutrisi seperti ini, Anda bisa memberikan makanan sehat dan susu formula. Pemberian vitamin tambahan terkadang juga dibutuhkan. Jika Anda membutuhkan susu formula yang telah teruji, susu Morinaga adalah jawabannya.

 

 

 

Salam,

KALBE Store