Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Obesitas


Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Obesitas

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Obesitas

Berat badan ideal adalah dambaan setiap orang. Tak hanya sekedar untuk penampilan, tubuh ideal juga bisa menjadi tolak ukur kesehatan seseorang. Saat berat badan bertambah bahkan hingga menyentuh obesitas, banyak orang yang bersedia melakukan diet hingga operasi. Semua itu dilakukan agar berat badan ideal bisa diperoleh kembali. Tapi apa sebenarnya yang menyebabkan obesitas ini?

 

Penyebab Obesitas

Saat berbicara tentang kegemukan hingga obesitas, sebagian besar dari kita akan mengaitkannya dengan pola makan yang berlebih. Makan makanan berlemak dan mengandung banyak gula memang menjadi salah satu penyebab obesitas. Akan tetapi ada hal lain yang menjadi pemicu masalah berat badan yang satu ini.

 

Faktor keturunan masih menempati posisi puncak untuk masalah obesitas. Jika Anda terlahir dari orang tua yang memiliki masalah obesitas, risiko Anda mengalami masalah serupa juga lebih tinggi. Mengonsumsi obat-obat tertentu juga bisa memicu masalah ini. Beberapa obat yang bisa memicu obesitas diantaranya adalah obat anti epilepsi, anti depresan, obat diabetes dan kortikosteroid. Komplikasi dari penyakit tertentu juga bisa mengakibatkan seseorang mengalami obesitas. Jika sudah seperti ini, diet sehat harus segera dilakukan. Bukan hanya untuk menurunkan berat badan namun juga untuk menjaga kesehatan.

 

Cara Mengatasi Obesitas

Diet sehat adalah cara yang paling aman untuk mengatasi obesitas. Ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat dan membatasi makanan-makanan berlemak dan tinggi gula. Beberapa kebiasaan buruk hendaknya juga dihindari. Misalnya saja seperti kebiasaan melewatkan sarapan, makan terlalu malam dan ngemil makanan yang tidak sehat.

 

Olahraga juga diperlukan. Bisa dibilang, melalui olahraga inilah kalori dan lemak berlebih dalam tubuh dibakar. Tanpa olahraga, semua itu tidak bisa dilakukan. Jenis olahraga yang dipilih hendaknya harus disesuaikan. Beberapa contoh olahraga yang bisa dipilih adalah lari, jalan cepat, berenang, sit up dan push up. Perhatikan juga intensitas dan durasinya. Idealnya, olahraga dilakukan sebanyak 4 kali dalam seminggu. Durasi untuk setiap kali berolahraga minimal 30 menit. Namun jika diet sehat dan olahraga tidak memberi hasil sama sekali, langkah pengobatan lain seperti operasi bisa diambil.

 

Menurunkan berat badan dengan diet dan olahraga memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Namun dengan ketekunan dan Slim & Fit, jerih payah tersebut pasti akan memberi hasil yang sepadan.

 

 

 

Salam,

KALBE Store