Kenali Metode Cuci Otak Dokter Terawan, Menkes RI

Kenali Metode Cuci Otak Dokter Terawan, Menkes RI

Presiden Joko Widodo pada 23 Oktober lalu sudah melantik sejumlah menteri yang akan bekerja pada kabinet Indonesia Maju. Dari sejumlah nama yang terpilih, dokter Terawan dipilih Presiden untuk menjadi Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Sosok dokter Terawan mungkin tidak asing bagi masyarakat, termasuk Anda. Sebab dokter yang memiliki nama lengkap Terawan Agus Putranto, Sp.Rad ini menerapkan metode “cuci otak” kepada pasien stroke.

 

Pengembangan dari metode DSA

 

 

 

pengenbangan metode DSA Digital Subtraction Angiography menjadi metode penyembuhan stroke

Sumber: Wikipedia

 

 

Metode cuci otak, atau brainwash secara harafiah merupakan modifikasi dokter Terawan dari metode DSA (Digital Subtraction Angiography). DSA merupakan metode pemeriksaan kesehatan yang menggunakan teknik fluoroscopy yang bertujuan memberi gambaran dari dalam pembuluh darah yang erat kaitannya dengan penyakit stroke. Caranya dengan memasukkan kateter melalui pembuluh darah dan nanti akan dilakukan penyemprotan media kontras. Setelah itu, mesin x-ray akan menangkap gambaran di dalam pembuluh darah. DSA mampu memberikan gambaran pembuluh darah tubuh bagian manapun, termasuk pada jantung dan otak.

 

Metode cuci otak atau brainwash

 

Melihat dari definisi,  bisa disimpulkan bahwa DSA merupakan  tindakan untuk mencari kebenaran dari diagnosis penyakit pada pembuluh darah. Melewati batas untuk mendapat gambaran pada pembuluh darah, dokter Terawan juga ingin memberikan terapi kelainan pembuluh darah pada otak. Untuk itu, dokter Terawan melakukan metode DSA ditambah dengan menyemprotkan heparin ke dalam pembuluh darah.

 

Perlu Anda tahu, heparin merupakan obat antikoagulan atau mengencerkan darah. Maka setelah memasukkan kateter ke pembuluh darah melalui pangkal paha yang menuju ke otak, pasien juga akan disemprotkan heparin oleh dokter. Awalnya tindakan ganda ini merupakan hasil dari uji ilmiah untuk meneliti efek memasukan heparin pada pasien stroke iskemik kronis. Penelitian ini ini dituliskan dokter Terawan sebagai disertasi program doktoral pada Universitas Hasanuddin, Makassar.

 

Memasukan heparin ke dalam pembuluh darah bertujuan untuk mencegah dan mengurangi risiko penggumpalan darah. Setelah itu akan pembuluh darah pada otak akan diberikan alat tambahan untuk menunjang proses brainwash. Tindakan cuci otak ini dapat selesai dalam waktu 30-40 menit jika tidak terjadi komplikasi. Menurut dokter Terawan, metode ini dapat meningkatkan aliran darah dalam otak sebesar 20% dalam jangka waktu 73 hari.

 

Menjadi pro kontra

 

Metode cuci otak atau brainwash memang sudah diterapkan oleh dokter Terawan terutama pada pasiennya di RSPAD Gatot Subroto. Namun ada banyak rekan satu profesi yang menganggap bahwa tindakan dokter Terawan tidak benar. Sebab menurut mereka, DSA bukan merupakan metode penyembuhan, tetapi tindakan untuk mendiagnosis penyakit. Bahkan dokter Terawan sempat dikeluarkan sementara dari Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) karena dianggap melanggar kode etik dengan melanggar 2 pasal.

 

Ketika pemberitaan mengenai hukuman yang diberikan kepada dokter Terawan santer diberitakan, tidak sedikit pula orang-orang yang memberikan dukungan. Terutama para pasien yang merasa disembuhkan dengan metode brainwash dari dokter Terawan, seperti mantan ketua DPR RI Agus Hermanto, Tri Sutrisno, dan SBY. Bahkan pada sosial media twitter kala itu muncul tagar khusus yang merupakan dukungan untuk membela dokter yang dianggap telah menyelamatkan banyak pasien stroke.

 

Memang di balik dari pro dan kontra mengenai dokter Terawan, penanganan stroke memang tidak boleh diabaikan. Sebab jika tidak ditangani, stroke dapat membuat pasien mati rasa pada wajah, kelemahan pada satu tangan, hingga kesulitan berbicara. Untuk itu, penting sekali bagi Anda untuk menjaga kesehatan pembuluh dan aliran darah. Mulai dengan menjalankan hidup sehat seperti berhenti merokok dan mengonsumsi Blackmores Odourless Fish Oil 1000. Suplemen dengan kandungan minyak ikan ini akan membantu Anda dalam menjaga kesehatan pembuluh darah, sehingga menurunkan risiko penyakit stroke. Sehingga Anda perlu membeli vitamin dan suplemen kesehatan Blackmores Odourless Fish Oil 1000 agar terhindar dari stroke.

 

 

 

cegah stroke dengan suplemen Blackmores Odourless Fish Oil 1000

 

 

 

Jadi jangan ada alasan lagi ya untuk menunda hidup sehat. Yuk langsung saja dapatkan Blackmores Odourless Fish Oil 1000 di sini, sebab KALCare menjual suplemen makanan & vitamin dewasa aman dan terpercaya.

 

Salam,

 

KALCare

 

 

 

 

Sumber:

Indonesiare.co.id

Kompas.com

Cnnindonesia.com