Kenali Manfaat Beras Merah untuk Bubur Si Kecil

Kenali Manfaat Beras Merah untuk Bubur Si Kecil

Saat Si Kecil mulai pada tahap mengonsumsi MPASI, banyak sekali referensi makanan yang dianjurkan untuk memenuhi nutrisi anak. Salah satu bahan makanan yang cukup populer dijadikan MPASI adalah beras merah. 

 

kandungan nutrisi yang terdapat dalam beras merah

 

Kandungan nutrisi dalam beras merah

 

Menurut American Academy of Pediatrics, pemberian MPASI atau makanan padat pada bayi dapat dimulai saat Si Kecil berusia sekitar 6 bulan. Pemberian beras merah dalam bentuk bubur memang memberikan manfaat tersendiri bagi Si Kecil. Beras merah merupakan gandum utuh yang sering digunakan sebagai makanan pokok di masyarakat, termasuk di Indonesia.

 

Beras merah sering kali dipilih karena dianggap lebih sehat dibandingkan beras putih. Karena beras merah mengandung karbohidrat kompleks, protein, vitamin B, mangan, selenium, magnesium, serta antioksidan. Berikut merupakan kandungan nutrisi lengkap yang terdapat dalam beras merah menurut United States Department of Agriculture atau USDA.

 

Kandungan Nutrisi Beras Merah (100 gr)

Karbohidrat

23,5 gr

Serat

1,8 gr

Lemak

0,8 gr

Protein

2,3 gr

Vitamin B1

0,1 mg

Vitamin B2

0,01 mg

Vitamin B3

1,3 mg

Vitamin B5

0,4 mg

Vitamin B6

0,2 mg

Folat

4 µg

Kalsium

10 mg

Zat besi

0,5 mg

Magnesium

44 mg

Mangan

1,1 mg

Fosfor

77 mg

Potasium

79 mg

Sodium

1 mg

Zink

0,62 mg

Manfaat beras merah untuk bayi

manfaat beras merah yang diolah menjadi MPASI bayi

Dari kandungan nutrisi tersebut, berikut merupakan manfaat bubur beras merah untuk bayi:

  1. Kandungan karbohidrat kompleks membantu memberikan rasa kenyang kepada bayi sehingga mencegah Si Kecil rewel akibat merasa lapar.
  2. Kandungan serat dapat mencegah sembelit pada Si Kecil.
  3. Kandungan antioksidan mampu mencegah kerusakan sel pada tubuh bayi.
  4. Zat gizi mikro dalam beras merah dapat membantu perkembangan dan pertumbuhan otak bayi. 
  5. Beras merah merupakan salah satu makanan yang rendah alergen, sehingga relatif aman diberikan sebagai MPASI bayi yang rentan terhadap alergi.

 

Cara mengolah beras merah untuk MPASI Si Kecil

 

Untuk membuat MPASI beras merah, Anda memang harus menanak terlebih dahulu. Memang biasanya dalam memasak beras merah lebih membutuhkan waktu yang cukup lama dibandingkan memasak beras putih. Hal ini disebabkan beras merah yang memiliki tekstur lebih keras, sehingga membutuhkan banyak waktu saat dimasak agar menjadi lunak.

 

Ambil sekitar ¼ beras merah dari gelas ukur beras, kemudian campurkan dengan 2 gelas air. Masak di dalam panci kurang lebih selama 1 jam, hingga mendidih dan empuk. Anda bisa menghaluskan kembali bubur beras merah dengan menggunakan food processor untuk menyesuaikan tekstur dengan kemampuan makan Si Kecil.

 

Baca juga: Resep MPASI 9 Bulan Beras Merah Salmon 

 

Jika ingin memberikan MPASI beras merah lebih mudah, Anda bisa menggunakan Milna Bubur Bayi 6+ Beras Merah. Komposisi gizi dalam bubur Milna yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral, dapat mendukung tumbuh kembang bayi yang lebih optimal. Selain itu, Milna Bubur Bayi 6+ Beras Merah juga tidak mengandung bahan pengawet dan pewarna sehingga aman untuk dikonsumsi Si Kecil.

dapatkan manfaat beras merah dari Milna Bubur Bayi Beras Merah

Dapatkan Milna Bubur Bayi 6+ Beras Merah, atau varian makanan bayi lainnya di KALCare. Nikmati promo harga spesial serta point reward untuk pembelian Milna di KALCare.com, KALCare Outlet, KALCare Home Delivery, atau Official Store KALCare di marketplace kesayangan Anda. Temukan juga berbagai informasi menarik mengenai kesehatan serta resep MPASI melalui WhatsApp dan Telegram KALCare.

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

Healthline.com. Is Brown Rice Good For Babies? https://www.healthline.com/health/baby/brown-rice-for-babies diakses pada 6 Juli 2021

Verywellfamily.com. Brown Rice Nutrition Information for Babies https://www.verywellfamily.com/brown-rice-nutrition-information-for-babys-first-year-284323 diakses pada 6 Juli 2021

Parenting.firstcry.com. Brown Rice for Babies, Health Benefits and Recipes https://parenting.firstcry.com/articles/brown-rice-for-babies-benefits-and-recipes/ diakses pada 6 Juli 2021