Kenali Jenis Kulit, Kenali Perawatannya


Kenali Jenis Kulit, Kenali Perawatannya

Kenali Jenis Kulit, Kenali Perawatannya

Banyak faktor yang mempengaruhi jenis kulit, diantaranya faktor internal, sepertiĀ  hormon dan unsur genetik, serta faktor eksternal, seperti paparan matahari, maupun makanan dan minuman yang dikonsumsi. Jenis kulit dapat dibedakan menjadi beberapa tipe, yaitu normal, berminyak, kering, sensitif, serta kombinasi.

 

Jangan salah, seiring waktu, jenis kulit pun bisa mengalami perubahan. Orang yang lebih muda lebih mungkin memiliki kulit normal dibandingkan dengan yang lebih tua. Lalu, bagaimana mengetahui jenis kulit Anda? Berikut ini ciri-cirinya?

 

* Kulit normal

Memiliki tekstur yang kenyal dan halus, tidak sensitif, pori-pori hampir tidak terlihat, dan warna kulit bercahaya. Beruntunglah bagi yang memiliki jenis kulit ini. Sebisa mungkin, pertahankan kesehatan kulit normal Anda dengan melakukan perawatan secara teratur.

* Kulit kombinasi

Kulit bisa kering atau normal di beberapa daerah, dan berminyak pada daerah lain. Secara alami, wajah memiliki kelenjar minyak yang berlebih. Inilah yang membuat kulit wajah menjadi berminyak, dan berpori-pori di daerah T (dahi, hidung, dagu). Ciri-ciri kulit kombinasi yaitu, memiliki pori-pori terlalu melebar, komedo, dan kulit mengkilap.

 

* Kulit kering

Memiliki ciri-ciri pori hampir tidak terlihat, warna kulit kusam, dengan tekstur kulit kasar. Penyebabnya adalah, faktor genetik, perubahan hormonal, cuaca, radiasi ultraviolet, dan paparan bahan-bahan kimia pada kosmetik, sabun, pembersih, maupun obat.

 

Apabila memiliki kulit kering, disarankan agar jangan berlama-lama mandi. Gunakan sabun dan pembersih yang lembut, serta sabun dengan bahan pewangi alami. Jangan menggosok saat mandi atau mengeringkan tubuh. Lalu, coba oleskan pelembab, dan jangan biarkan suhu ruangan terlalu panas.

 

* Kulit berminyak

Ciri-cirinya adalah, pori-pori yang besar dengan kulit wajah yang kusam, namun mengkilap. Sering muncul jerawat dan komedo. Sifat minyaknya bisa menjadi parah ketika terjadi ketidakseimbangan hormon, stres, terpapar banyak panas, atau justru terlalu banyak pelembab. Untuk mengatasinya, cucilah wajah tidak lebih dari dua kali sehari, dan setelah banyak berkeringat. Gunakan pembersih yang lembut. Jangan pula memencet jerawat, karena akan memperlama penyembuhannya.

 

* Kulit sensitif, bisa muncul dalam bentuk kemerahan, gatal, terbakar maupun terlalu kering.

Setelah mengetahui jenis kulit Anda, mari lakukan perawatan dasar bagi kulit, yaitu gunakan tabir surya, hindari sinar matahari langsung, pakailah topi dan kacamata hitam. Hindari juga rokok, dan jaga cairan tubuh. Cuci kulit secara menyeluruh setiap hari, dan bersihkan make up sebelum tidur. Jangan lupa pakai pelembab kulit juga, ya.

 

 

 

Salam,

KALBE Store