Kelaparan? Awas Ada Efek Sampingnya Lho!

Kelaparan? Awas Ada Efek Sampingnya Lho!

Kerjaan yang menumpuk, mobilitas tinggi, serta jadwal yang padat kerap kali membuat Anda lupa makan. Bahkan tidak jarang, orang merasa tidak lapar lagi saking sibuknya. Padahal membiarkan perut kosong alias kelaparan tidak baik lho! Soalnya, perut yang lapar ternyata memiliki efek samping. Lho, kok bisa? Mari disimak penjelasan lanjutannya berikut ini!

 

Memprioritaskan pekerjaan dan aktivitas memang tidak salah kok. Hanya saja, Anda perlu memperhatikan asupan makan Anda. Sebab, terlambat atau bahkan tidak makan sama sekali dapat memberi efek buruk bagi kesehatan. Nah, di bawah ini adalah dampak yang bisa terjadi jika terlalu sering menunda makan hingga perut terasa lapar.

1. Malnutrisi

 

Malnutrisi merupakan efek yang paling berbahaya dari menahan rasa lapar. Kasus kesehatan ini banyak ditemukan dalam negara-negara berkembang. Malnutrisi menyebabkan seseorang tidak mampu melihat dalam cahaya redup atau night blindness karena kekurangan vitamin A. Selain itu, malnutrisi membuat penderitanya mengalami anemia karena kekurangan zat besi, serta berisiko mengalami penyakit akibat kekurangan vitamin C.

 

 

 

hati-hati malnutrisi akibat kelaparan

 

 

 

2. Menghambat metabolisme

 

Terlalu sering menahan lapar ternyata juga berpengaruh terhadap proses metabolisme lho! Sebab nutrisi yang seharusnya diserap oleh tubuh tidak didapatkan karena tidak ada asupan makanan. Akibatnya kalori yang menumpuk tidak dapat diubah menjadi energi dan menyebabkan Anda sulit menurunkan berat badan.

 

3. Mengurangi kepadatan tulang

 

Hampir sama dengan metabolisme, kelaparan juga bisa menurunkan kepadatan tulang. Sebab nutrisi yang seharusnya dibutuhkan tidak diberikan kepada tubuh Anda. dalam jangka panjang, kondisi ini menyebabkan tulang Anda menjadi rapuh sehingga mudah patah atau terkena penyakit osteoporosis.

 

4. Kelelahan

 

 

 

menahan lapar membuat tubuh terasa lelah

 

 

 

Mungkin efek yang satu ini sering Anda rasakan ketika menahan rasa lapar. Ya, kelelahan dapat terjadi akibat terganggunya keseimbangan vitamin esensial dan memperlambat proses fisiologi tubuh. Dalam kondisi yang parah, kelelahan dapat membuat Anda pingsan. Maka sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang agar dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

 

5. Tekanan darah tinggi

 

Kekurangan potasium dan vitamin D dapat membuat lonjakan tekanan darah. Kesimpulan ini didapatkan melalui hasil penelitian yang dilakukan pada tiga kelompok anak. Dari hasilnya dibedakan menjadi dua kelompok berdasarkan kondisi gizi, yaitu anak yang kekurangan gizi dan tidak kekurangan gizi. Pada anak-anak yang kekurangan gizi juga terdapat riwayat darah tinggi  dibanding anak-anak yang tidak kekurangan gizi.

 

6. Elektrolit tidak seimbang

 

Kelaparan membuat sejumlah nutrisi penting menjadi hilang. Hal ini terjadi akibat minimnya konsumsi elektrolit setiap hari. Ketidakseimbangan kadar elektrolit dapat menimbulkan berbagai gangguan pada fungsi organ di dalam tubuh. Sebab elektrolit merupakan unsur alami yang dibutuhkan untuk menjaga organ-organ tubuh agar berfungsi secara normal. Fungsi tubuh yang dipengaruhi oleh elektrolit di antaranya irama jantung, kontraksi otot, dan fungsi otak. Pada kasus yang berat, elektrolit yang tidak seimbang dapat menyebabkan kejang, koma, dan gagal jantung.

 

7. Memengaruhi otak

 

Banyak penelitian yang mengungkapkan adanya hubungan antara kelaparan dengan kemampuan kognitif dan rasa tertekan. Hal itu terjadi karena saat merasa lapar, tubuh akan mengalami dehidrasi dan kelelahan. Sehingga kemampuan untuk berpikir juga terganggu. Selain itu, kelaparan juga bisa memengaruhi reaksi Anda terhadap stres. Sehingga Anda akan lebih mudah marah atau tersinggung.

 

Banyak sekali kan efek samping dari menahan lapar? Jadi jangan sampai diulang kembali ya! Jika Anda benar-benar tidak sempat, jangan khawatir. Selalu sedia snack sehat Fitbar, yang memiliki banyak sekali manfaat di kala lapar melanda! Terbuat dari Multigrain, Fitbar sudah pasti sehat untuk Anda. Sebab biji-bijian oat, quinoa, dan whole wheat kaya akan serat sehingga membuat Anda menjadi kenyang lebih lama. Fitbar juga rendah kalori dan bebas kolesterol lho! Jadi tunggu apa lagi? Segera ambil Fitbar saat Anda lapar!

 

 

jangan tahan lapar! ganjal dengan Fitbar!

 

 

Beli Fitbar di sini.

 

Salam,

 

KALCare

 

 

 

 

Sumber:

Klikdokter.com