Berapa Kebutuhan Air Mineral Anak Setiap Harinya?

Berapa Kebutuhan Air Mineral Anak Setiap Harinya?

Kesehatan sangat ditentukan oleh gaya hidup sehari-hari. Jika gaya hidup yang diterapkan sudah baik, kesehatan akan lebih terjaga. Anak-anak pun juga demikian. Bukan hanya makan makanan bergizi dan minum susu formula sesuai kebutuhan, anak-anak juga perlu minum air putih dalam jumlah yang cukup. Sebagai orang tua, Anda mungkin sudah kerap mendengar bahwa kebutuhan air putih orang dewasa kurang lebih sekitar 8 gelas per hari. Tentu saja, ini adalah perhitungan kasar. Namun saat berbicara tentang anak-anak, kira-kira berapa banyak air putih yang mereka butuhkan?

 

Kebutuhan Air Mineral Pada Anak-Anak

Sebelum berbicara tentang berapa banyak jumlah air mineral yang dibutuhkan oleh anak-anak, para orang tua harus tahu bahwa tidak ada patokan pasti mengenai hal tersebut. Beda anak, beda pula kebutuhannya. Semua itu ditentukan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah aktivitas fisiknya. Bagi anak yang sangat aktif, tentu kebutuhannya bisa lebih tinggi. Tapi kalau berbicara tentang kebutuhan secara umum, kira-kira berapa ya kebutuhannya?

 

Berbeda dengan susu formula yang tentunya lebih dibatasi konsumsinya, kebutuhan air mineral anak jauh lebih tinggi. Hanya saja angkanya memang tak setinggi orang dewasa yang rata-rata mencapai 8 gelas sehari. Pada anak-anak, kebutuhan air mineral mereka berada di angka 1,2 liter atau sekitar 5-6 gelas sehari. Ini untuk anak usia 4-6 tahun. Sedangkan untuk anak usia 7-9 tahun, kebutuhannya mencapai 1,5 liter atau sekitar 6-7 gelas per hari.

 

Bahaya Kekurangan Cairan Pada Anak-Anak

Indonesia sendiri sebenarnya termasuk memprihatinkan dalam hal pemenuhan kebutuhan air mineral, khususnya pada anak-anak. Berdasarkan riset yang dipublikasikan oleh European Journal of Nutrition, ditemukan bahwa 1 dari 4 anak Indonesia kurang minum. Lebih mengejutkannya lagi, 30% minuman yang dikonsumsi anak-anak bukanlah air mineral.

 

Kekurangan air mineral sebenarnya bisa berdampak cukup serius bagi kesehatan anak. Efeknya bisa terbagi menjadi jangka panjang dan jangka pendek. Untuk efek jangka panjang, anak akan mengalami dehidrasi ringan yang berakibat terganggunya daya konsentrasi. Sedangkan untuk efek jangka panjangnya, anak akan berisiko mengalami gangguan ginjal.

 

Karena itu, anak-anak harus dididik untuk minum cukup air putih. Memberikan susu formula sendiri juga penting untuk melengkapi kebutuhan nutrisi hariannya. Namun sebagai orang tua tentunya Anda ingin memberi yang terbaik. Untuk yang satu ini, Susu Morinaga jawabannya.

 

 

 

Salam,

KALBE Store