Kapan Waktu yang Tepat untuk Memberikan MPASI?


Kapan Waktu yang Tepat untuk Memberikan MPASI?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Memberikan MPASI?

Semakin bertumbuhnya anak, maka anak juga akan membutuhkan asupan nutrisi dan gizi dari sumber lain tidak hanya susu. Saat anak sudah mulai terlihat kurang puas hanya dengan susu, saatnya Anda memperkenalkan makanan pendamping ASI (MPASI).

 

Memperkenalkan MPASI pada anak merupakan momen yang ditunggu karena Anda dapat melihat buah hati makan makanan selain susu formula dan ASI. MPASI sebaiknya dimulai saat anak berusia 6 bulan.

 

Anak berusia di bawah 6 bulan tidak disarankan untuk diberikan MPASI karena saluran pencernaanya masih belum berkembang dengan sempurna. Oleh karena itu, jika memberikan MPASI sebelum usia 6 bulan akan membuat anak kesulitan mencerna makanan.

 

Selain itu, semakin dini anak dikenalkan dengan MPASI akan menambah kecenderungan anak alergi makanan di kemudian hari.

 

MPASI sebaiknya dimulai saat anak sudah berusia 6 bulan atau lebih. Pada usia ini, kebutuhan zat besi dan seng yang dibutuhkan anak lebih banyak dibanding yang terkandung dalam susu formula atau ASI.

 

MPASI dibutuhkan oleh anak usia 6 bulan ke atas untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya agar tumbuh kembangnya optimal.

 

Selain dilihat dari usia, Anda juga dapat melihat beberapa indikator yang ditunjukkan oleh anak misalnya ia sudah bisa duduk dengan tegak, memiliki rasa penasaran dengan makanan yang dimakan orang lain, berat badannya sudah dua kali lipat berat badannya saat lahir, dan mampu menghisap porsi kecil makanan atau bubur dari sendok.

 

Jika buah hati melakukan menunjukkan tanda-tanda tersebut namun usianya masih dibawah 6 bulan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter anak mengenai pemberian MPASI.

 

Dalam mempersiapkan MPASI, bahan-bahannya harus dibuat secara steril dan usahakan dalam keadaan yang segar, bukan kalengan. Jika bahan MPASI tidak steril maka resiko terkontaminasi besar dan jumlah vitamin/mineral juga dapat berkurang sehingga anak tidak mendapatkan nutrisi sesuai yang ia butuhkan.

 

 

 

Salam

KALBE Store