Kapan Waktu Terbaik Minum Susu Ibu Hamil?

Kapan Waktu Terbaik Minum Susu Ibu Hamil?

Ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang mencukupi. Tak hanya mencukupi untuk dirinya sendiri, nutrisi tersebut juga harus memenuhi kebutuhan janin yang sedang dikandung. Makan makanan bergizi menjadi semakin penting. Sayangnya, asupan nutrisi dari makanan tak selalu bisa mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil setiap harinya. Itulah kenapa ibu hamil juga membutuhkan sumber nutrisi tambahan yang berasal dari susu ibu hamil.

 

Kenapa Harus Minum Susu Ibu Hamil

Bagi sebagian ibu hamil, susu ibu hamil mungkin bukan prioritas. Susu ini bukan sumber makanan utama untuk para calon ibu. Anggapan ini memang tidak sepenuhnya salah. Bahkan orang-orang zaman dahulu juga tetap bisa melahirkan bayi sehat tanpa mengkonsumsi susu ibu hamil.

 

Meski demikian, mengkonsumsi susu ibu hamil mampu memberikan asupan nutrisi yang lebih lengkap tanpa harus makan banyak sekalipun. Kandungan gizi yang ada di dalamnya juga sangat kaya dan mampu mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

 

Susu ibu hamil ini tak hanya baik untuk ibu yang sedang mengandung. Kandungan nutrisi di dalamnya juga baik untuk janin. Berdasarkan penelitian, anak yang lahir dari ibu yang mengkonsumsi susu ibu hamil pada masa kehamilannya memiliki badan yang lebih tinggi di usia remajanya. Karena itulah anak-anak Indonesia saat ini semakin banyak yang memiliki tinggi badan melebihi orang tuanya.

 

Selain berdampak baik pada tinggi badan sang anak, mengkonsumsi susu ibu hamil ternyata juga baik untuk perkembangan IQ janin yang sedang dikandung. Semua itu tak lepas dari kandungan yodium yang ada dalam susu ibu hamil. Tentu saja, manfaat tersebut dapat dirasakan jika sang ibu mengkonsumsi susu hamil secara rutin.

 

Kapan Sebaiknya Minum Susu Ibu Hamil

Segudang manfaat yang ada pada susu ibu hamil memang benar adanya. Akan tetapi, manfaat tersebut hanya dapat diperoleh jika susu ini dikonsumsi di waktu yang tepat. Waktu terbaik untuk mengkonsumsi susu ibu hamil adalah saat malam hari sebelum tidur. Selain itu pastikan untuk menghidari waktu-waktu setelah mengkonsumsi makanan pokok. Minum susu setelah makan makanan pokok justru dapat mengganggu penyerapan zat besi dalam tubuh. Selain itu hindari juga mengkonsumsi suplemen terlalu dekat dengan waktu minum susu ibu hamil.

 

Waktu terbaik untuk mulai minum susu ibu hamil adalah sejak trimester pertama. Karena pada saat itu, perkembangan janin sedang dalam masa terbaiknya. Dengan demikian, manfaat yang diperoleh dari susu ini juga lebih optimal. Untuk memperoleh manfaat terbaik dari susu ibu hamil, ibu hamil juga bisa mengkonsumsi susu Prenagen Mommy.

 

 

 

Salam,

KALCare