Kapan Ibu Hamil Boleh Berpuasa?


Kapan Ibu Hamil Boleh Berpuasa?

Kapan Ibu Hamil Boleh Berpuasa?

Bulan Ramadhan adalah bulan suci bagi umat Islam. Di bulan inilah seluruh umat Islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Namun tak sedikit pemeluk agama Islam yang menjalankannya bukan karena ibadah tersebut diwajibkan. Banyak juga diantara mereka yang melakukannya karena merasa membutuhkannya dan tak ingin melewatkan momen yang istimewa seperti ini. Ibu hamil pun tak sedikit yang ingin tetap menjalankan ibadah puasa meski sedang mengandung. Dengan mengonsumsi susu ibu hamil, kebutuhan nutrisi selama kehamilan pun tetap bisa terpenuhi. Akan tetapi apakah ibu hamil benar-benar boleh berpuasa?

 

Puasa Pada Ibu Hamil

Agama Islam sebenarnya memberi keringanan kepada ibu hamil dan ibu menyusui untuk tidak menjalankan ibadah puasa. Karena harus disadari, kebutuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui memang lebih tinggi dari biasanya. Nutrisi yang mereka peroleh juga bukan hanya untuk dirinya sendiri namun juga untuk sang buah hati. Saat berpuasa, tingginya kebutuhan nutrisi tersebut akan sulit untuk dipenuhi.

 

Ibu hamil tetap biasa berpuasa dengan beberapa aturan ketat. Meski berpuasa di siang hari, mereka harus bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya dan janin yang sedang dikandung dengan mengonsumsi makanan sehat dan lengkap di saat berbuka, setelah Tarawih dan saat sahur. Mengonsumsi susu ibu hamil juga bisa membantu. Meski demikian, berkonsultasi dengan dokter harus dilakukan. Kondisi kesehatan sang ibu dan janin juga harus diperiksa untuk memastikan apakah sang ibu boleh berpuasa.

 

Usia Kehamilan Juga Perlu Diperhatikan

Faktor usia kehamilan menjadi pertimbangan penting saat hendak memutuskan untuk berpuasa. Usia kehamilan tak boleh terlalu muda atau terlalu tua. Jika kehamilan sudah menginjak usia 4-7 bulan, ibu hamil masih diperbolehkan untuk berpuasa. Itu karena pada usia kehamilan tersebut umumnya janin berada dalam kondisi stabil. Beda halnya saat usia kehamilan kurang atau lebih dari usia tersebut. Pada waktu-waktu seperti ini, kebutuhan nutrisi ibu dan janin biasanya sedang tinggi-tingginya.

 

Puasa saat sedang hamil sebenarnya masih diperbolehkan dengan beberapa catatan. Ibu hamil harus selalu memperhatikan kondisi kesehatan dan kebutuhan nutrisinya. Saat menjalankan ibadah puasa pun ibu hamil perlu melakukan pemeriksaan secara berkala. Agar tidak kekurangan gizi selama masa kehamilan, konsumsi juga susu ibu hamil. Susu hamil seperti susu Prenagen akan membantu melengkapi kebutuhan tersebut selama berpuasa.

 

 

 

Salam,

KALBE Store