Ketahui Kapan Waktu Tubuh Membutuhkan Susu Tinggi Protein

Ketahui Kapan Waktu Tubuh Membutuhkan Susu Tinggi Protein

Fams, mungkin Anda sudah tahu jika kalsium merupakan nutrisi yang paling dikenal terdapat dalam susu. Tetapi, ada juga lho susu yang mengandung protein. Nah, bagi Anda yang penasaran manfaat dan kapan waktu yang tepat untuk minum susu protein, simak artikel ini ya!

Manfaat susu protein

Mungkin selama ini susu protein lebih banyak dikenal sebagai nutrisi bagi orang-orang yang ingin meningkatkan massa otot. Padahal, protein juga diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat dan organ-organ tubuh seperti jantung, otak, dan kulit agar berfungsi dengan baik. Bahkan, nutrisi ini juga dianggap dapat membantu mengendalikan nafsu makan. Maka tidak heran jika beberapa kondisi kesehatan seseorang memerlukan susu tinggi protein seperti Peptisol untuk dikonsumsi. 

 

manfaat susu Peptisol

 

Untuk kebutuhan protein, setiap orang bisa berbeda. Sebab kebutuhan protein tergantung pada rutinitas olahraga, usia, dan kesehatan Anda. Hal ini juga berpengaruh pada tinggi atau rendahnya kebutuhan protein setiap orang. 

Susu protein umumnya terbuat dari ekstrak nabati atau sumber hewani seperti susu sapi, telur, kacang polong, beras, dan kedelai. Selama proses ekstraksi, karbohidrat, lemak, mineral, dan serat alami sering dihilangkan. Sementara nutrisi tambahan seperti herbal dapat dimasukkan ke dalam susu protein.

Kapan minum susu protein

Satu hal lainnya yang membuat susu tinggi protein berbeda dari susu lainnya adalah aturan dalam mengonsumsinya. Sebab, mengonsumsi susu protein harus dilakukan pada waktu-waktu yang tepat berikut ini:

1. Saat masa pemulihan pasca operasi

 

konsumsi susu protein pasca operasi

 

Susu tinggi protein seperti susu Peptisol bukanlah jenis susu yang bisa dikonsumsi kapan pun. Susu ini didesain untuk membantu proses penyembuhan luka, khususnya luka pasca operasi. Kandungan proteinnya yang tinggi bisa membantu memulihkan luka dengan cepat dengan cara mempercepat proses regenerasi sel-sel dalam tubuh.

2. Saat tubuh kekurangan protein

 

konsumsi susu protein saat tubuh kehilangan protein

 

Sebenarnya memenuhi kebutuhan protein harian tidaklah sulit. Anda bisa melakukannya dengan mengonsumsi makanan tinggi protein setiap harinya. Namun jika karena kondisi medis tertentu Anda tidak bisa memenuhi kebutuhan ini dari makanan pokok, susu tinggi protein seperti susu Peptisol jelas dibutuhkan.

3. Saat mengalami stres metabolik

konsumsi susu tinggi protein saat mengalami stroke

Dalam kondisi stres metabolik seperti stroke, trauma atau saat mengalami luka bakar, kebutuhan protein cenderung meningkat. Itu karena tubuh membutuhkan asupan protein yang lebih tinggi guna mendukung proses penyembuhan. Memenuhi kebutuhan protein yang cukup tinggi hanya dari makanan pokok tentu cukup sulit. Di saat seperti inilah, Anda membutuhkan susu tinggi protein untuk membantu memenuhi kebutuhan tersebut.

4. Saat membangun massa otot

 

mengonsumsi susu tinggi protein untuk membangun massa otot

 

Untuk membangun otot dan kekuatan, Anda perlu mengonsumsi lebih banyak protein daripada yang dipecah oleh tubuh secara alami selama latihan ketahanan atau angkat beban. Tetapi waktu terbaik untuk mengonsumsi protein sendiri masih jadi perdebatan. Sebab ada perbedaan rekomendasi waktu antara para ahli penelitian dan ahli kebugaran.

5. Mempertahankan massa otot

 

cegah kehilangan massa otot dengan susu protein

 

Penelitian menunjukkan bahwa orang kehilangan sekitar 3-8% dari massa otot mereka setiap dekade setelah usia 30 tahun. Sayangnya, kehilangan otot terkait dengan risiko patah tulang yang lebih tinggi dan umur yang lebih pendek. Para ilmuwan merekomendasikan untuk menyebarkan asupan protein secara merata sepanjang hari untuk membantu mencegah hilangnya otot seiring bertambahnya usia. 

Itulah rekomendasi waktu yang tepat dalam mengonsumsi susu tinggi protein. Dapatkan susu tinggi protein Peptisol dengan mudah hanya di KALCare.com. Nikmati berbagai promo spesial serta informasi kesehatan melalui artikel KALCare. Jangan lupa dapatkan update terkini seputar Peptisol melalui sosial media KALCare di Instagram ataupun Facebook.

Salam,

KALCare

 

 

 

 

Sumber:

Healthline.com, Best Time To Take Protein https://www.healthline.com/nutrition/best-time-to-take-protein diakses pada 2 Juni 2021

Health.harvard.edu, The Scoop On Protein Powder https://www.health.harvard.edu/blog/the-scoop-on-protein-powder-2020030918986 diakses pada 2 Juni 2021