Kandungan Penting Susu Ibu Hamil


Kandungan Penting Susu Ibu Hamil

Kandungan Penting Susu Ibu Hamil

Untuk menjaga kesehatan ketika hamil, ibu harus sangat memperhatikan susu untuk ibu hamil yang akan dipilih. Sebab nutrisi dalam susu ibu hamil sangat berguna untuk membantu ibu agar tetap kuat dan membantu janin agar tumbuh dan berkembang dengan optimal.

 

Sebab jika nutrisi yang dibutuhkan bayi tidak tercukupi, maka akan memiliki resiko tersendiri yang mungkin Anda tidak inginkan. Oleh sebab itu, sangat penting bagi ibu untuk memperhatikan bahwa susu ibu hamil yang Anda pilih memiliki kandungan-kandungan nutrisi penting ini.

 

  1. Kalsium

Kalsium memang sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya osteoporosis pada tulang ibu dan bayi. Jika kalsium tercukupi maka tulang akan semakin kuat. Wanita yang memiliki usia di atas 18 tahun membutuhkan kalsium 1.000 mg setiap harinya. Sedangkan umur di bawah 18 tahun membutuhkan kalsium 1300 mg.

 

Kalsium juga dibutuhkan bayi dalam kandungan untuk membentuk gigi dan tulang yang kuat.

 

Di samping itu kalsium juga membantu menjaga jantung janin agar tetap sehat. Manfaat lainnya adalah untuk membantu pembekuan darah dan pertumbuhan saraf serta otot yang sehat pada ibu dan janin.

 

Pastikan Anda memilih susu yang mengandung setidaknya 300 mg kalsium setiap gelasnya sehingga asupan nutrisi untuk ibu dan bayi terpenuhi.

 

2. Asam folat

Asam folat berguna untuk membantu pembentukan darah serta memaksimalkan kerja enzim dalam tubuh.

 

Selain itu, asam folat juga bermanfaat untuk membantu perkembangan jaringan saraf pada janin agar tetap sehat.

 

Oleh karena itu, penting juga bagi Anda untuk memastikan susu ibu hamil yang Anda pilih mengandung asam folat yang penting untuk ibu dan janin dalam kandungan.

 

3. Vitamin D

Vitamin D berfungsi untuk membantu mengatur kadar kalsium dan fosfat dalam tubuh. Jika janin kekurangan kedua zat tersebut, maka perkembangannya akan sangat terganggu. Di samping itu vitamin D juga mencegah terjadinya infeksi akibat virus serta bisa mencegah kanker.

 

4. Iodium

Zat Iodium adalah zat yang sangat penting untuk perkembangan otak janin.

 

Jika janin kekurangan zat ini, bisa jadi ia akan lahir dengan keterbelakangan mental atau juga memiliki kecerdasan yang rendah.

 

Susu ibu hamil yang nantinya Anda pilih harus memenuhi paling tidak 4 nutrisi yang sudah disebutkan tadi.

 

Akan tetapi biasanya susu ibu hamil yang ada dijual sudah mengandung lebih banyak vitamin dari yang disebutkan di atas.

 

 

Salam,

KALBE Store