Berapa Kadar Gula Darah yang Normal?

Berapa Kadar Gula Darah yang Normal?

Salah satu cara mengidentifikasi diabetes adalah melalui kadar gula darah. Pada penderita diabetes, kadar gula darah mereka bisa sangat tinggi bahkan mencapai 2 sampai 3 kali lipat dari kadar gula darah orang normal. Meski demikian, kadar gula darah yang terlalu rendah juga bukan pertanda bagus. Hal ini juga bisa memicu gangguan kesehatan yang tidak kalah berbahayanya. Namun sebenarnya berapa sih kadar gula darah normal itu?

 

Kadar Gula Darah Normal

Sebenarnya ada beberapa tolak ukur perhitungan kadar gula darah. Dalam kondisi yang berbeda, tolak ukur normalnya juga berbeda. Misalnya saja saat sebelum makan. Kadar gula darah disebut normal jika berada di kisaran 70 – 130 mg/dL. Pada kondisi 2 jam setelah makan, gula darah disebut normal jika berada di bawah 180 mg/dL. Namun beda halnya saat puasa atau tidak makan apapun selama 8 jam. Gula darah disebut normal justru jika kadarnya di bawah 100 mg/dL.

 

Pada saat tidur, tolak ukur gula darah normal berbeda lagi. Pada waktu tersebut, gula darah seharusnya berada di angka 100 – 140 mg/dL. Jika gula darah berada di bawah angka normal, tubuh biasanya akan terasa lemas, merasa kelaparan, mudah marah, gelisah, kesemutan pada area mulut, sulit konsentrasi hingga kejang.

 

Sebaliknya, kadar gula darah yang terlalu tinggi juga akan memicu beberapa gejala seperti tubuh lelah, gelisah, haus, kulit kering, nafsu makan bertambah, buang air kecil lebih sering hingga gangguan penglihatan. Jika muncul gejala-gejala seperti ini, memang ada baiknya untuk segera memeriksa kadar gula darah dalam tubuh.

 

Tips Menjaga Kadar Gula Darah Agar Tetap Normal

Agar gula darah tetap berada di angka normal, Anda memang harus menjaga asupan makanan dan membatasi karbohidrat. Makan tepat waktu juga sama pentingnya dengan makan makanan bergizi lengkap. Makanan makanan manis secara berlebihan juga bisa meningkatkan kadar gula darah. Karena itu, hindari konsumsinya. Selain itu, jangan lupa olahraga dan hindari stress. Satu hal lagi yang juga tidak kalah penting adalah konsumsi susu diabetes seperti susu Diabetasol sedini mungkin.

 

 

 

Salam,

KALBE Store