Jus Sehat Untuk Bantu Melancarkan Produksi ASI

Jus Sehat Untuk Bantu Melancarkan Produksi ASI

Mengonsumsi susu ibu hamil selama masa kehamilan bukan hanya untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian saja. Ini juga sebagai langkah persiapan menyusui nanti. Persiapan yang tepat akan berdampak pada lancarnya produksi ASI. Meski demikian, ibu menyusui tetap harus menjaga asupan makanan agar produksi ASInya tetap terjaga.

Konsumsi buah dan sayur juga harus ditingkatkan. Anda bisa mengolahnya menjadi jus segar agar lebih enak dikonsumsi. Berikut jus sehat yang baik untuk membantu melancarkan produksi ASI.

Jus Semangka

Jus-Semangka-melancarkan-asi.

Buah semangka mengandung vitamin A, C, kalium dan asam folat yang cukup tinggi. Kandungan air di dalamnya juga baik untuk menjaga sang ibu agar tidak dehidrasi. Kandungan kalori di dalam buah semangka juga bisa menjadi sumber energi ibu selama masa menyusui. Jika ingin mengonsumsi jus semangka, sebaiknya jangan dicampur dengan susu atau gula. Ini justru bisa membuat perut tidak nyaman. Untuk Anda yang selama hamil atau menyusui menderita darah tinggi, ada baiknya mulai mengonsumsi buah semangka. Tidak hanya buahnya namun kulitnya pun bisa dikonsumsi.

Jus Wortel

Jus-wortel-melancarkan-asi

Mungkin tidak banyak yang suka dengan jus wortel. Namun harus diakui, wortel mengandung enzim phytoestrogen yang turut berperan dalam memproduksi ASI. Kandungan vitamin A di dalam wortel juga cukup tinggi. Saat menyusui, Anda mengalami perubahan hormon yang bisa membuat nafsu makan meningkat. Mama akan mengonsumsi banyak makanan yang mungkin berbahaya bagi kesehatan jantung. 

Perlu diketahui bahwa wortel bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol tinggi yang tidak segera mendapat pertolongan kesehatan bisa menyebabkan penyakit jantung. Tentu saja, Anda yang mengalami penyakit jantung akan memengaruhi tumbuh kembang si Kecil.

Jus Pepaya

Jus-pepaya-melancarkan-asi

Di dalam buah pepaya terkandung kalium, asam folat, vitamin A dan C yang cukup tinggi. Kandungan kaliumnya sendiri bahkan 50% lebih tinggi dibandingkan buah jeruk. Perlu diketahui, kelancaran produksi ASI juga sangat ditentukan oleh kesehatan mental sang ibu. Dengan memenuhi kebutuhan kalium, stres yang kerap dialami ibu menyusui bisa ditekan. Agar lebih nikmat saat disantap, Anda bisa tambahkan 1/2 cangkir pepaya hijau, bayam dan wortel ke dalam smoothie. Jangan lupa untuk menuangkan susu almond, 1/2 cangkir yoghurt ke dalamnya ya.

Jus Bayam

jus-bayam-melancarkan-asi

Baik bayam merah ataupun bayam hijau, keduanya sama-sama mengandung banyak nutrisi yang penting untuk tubuh. Bahkan jika ditilik lebih dalam, kandungan nutrisinya tidak kalah dengan susu ibu hamil terbaik sekalipun. Beberapa nutrisi yang bisa dijumpai dalam bayam di antaranya adalah kalium, zat besi, asam folat, magnesium, kalsium, fosfor, vitamin A, B6, C, E dan K. Selain itu, bayam merah juga mengandung banyak serat dan di dalam daunnya terdapat karotein, klorofil, dan saponon. Kadar zat besi yang rendah dalam tubuh dikaitkan dengan suplai ASI yang rendah. Untuk itu, konsumsi bayam sangat diperlukan karena mengandung zat besi yang ampuh meningkatkan produksi ASI.

Jus Stroberi

Jus-stroberi-melancarkan-asi

Stroberi direkomendasikan untuk ibu menyusui karena dapat memenuhi 120 miligram vitamin C setiap harinya. Selain itu, Mama perlu tahu kalau buah stroberi memiliki kandungan air yang tinggi dan mampu membantu hidrasi selama proses memberikan ASI secara eksklusif. 

Terhidrasi sangat diperlukan agar tubuh mama dan si Kecil tetap sehat. Jika mendapatkan cukup cairan dari buah stroberi, maka tubuh pun dapat meminimalisir rasa lelah dan membangkitkan tenaga. Buah ini pun kaya zat besi dan vitamin seperti kalsium, kalium, vitamin C dan magnesium.

Rekomendasi Minuman Saat Sedang Menyusui

Itulah rangkuman mengenai beberapa rekomendasi jenis buah untuk ibu menyusui yang dapat dikonsumsi selama memberikan ASI untuk Si Kecil. Menjaga produksi ASI agar tetap lancar bisa jadi lebih menyenangkan dengan mengonsumsi jus-jus di atas. Namun Anda juga jangan lupa. Kelancaran produksi ASI sudah ditentukan sejak masa kehamilan. Karena itulah, jangan lupa untuk minum susu ibu hamil secara teratur. Setelah itu, lanjutkan dengan mengonsumsi Susu Prenagen menyusui. Selain itu Anda juga bisa konsumsi Prenagen Juice.

Prenagen Lactamom

Prenagen-Lactamom-Chocolate-200-gr

Prenagen Lactamom adalah susu ibu menyusui yang sangat disarankan untuk memenuhi nutrisi ibu menyusui. Susu terbaik untuk ibu menyusui ini dapat membantu memenuhi nutrisi makro dan mikro yang dibutuhkan oleh seorang ibu.

Selama enam bulan, ASI merupakan makan pertama sang bayi. Bayi tidak boleh makan makanan lain selain nutrisi dari ASI. Oleh sebab itu, ibu harus menyediakan ASI yang berkualitas bagi sang bayi.

Cara yang paling pasti adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi selengkap-lengkapnya. Namun, untuk memastikan kebutuhan nutrisi terlengkapi, mengonsumsi susu ibu menyusui seperti PRENAGEN Lactamom Prenapro bisa jadi alternatif terbaik.

Mengapa Prenagen Lactamom Prenapro jadi susu yang baik untuk ibu menyusui? Tentu saja karena kandungan susu buat ibu menyusui ini sangat lengkap yaitu mengandung nutrisi makro dan mikro. Beberapa kandungan yang bakal memenuhi nutrisi untuk ibu menyusui antara lain kalsium, zat besi, vitamin D, magnesium, fosfor, dan Inulin.

Tidak hanya itu saja, susu prenagen Lactamom Prenapro pun memiliki kandungan DHA, dan kolin, serta omega 3 . Keseluruhan kandungan tersebut tidak hanya menjadi asupan nutrisi ibu menyusui tetapi juga membantu optimalkan pertumbuhan otak si buah hati.

Kemudian, dari zat seperti vitamin D, magnesium, dan fosfor, serta Inulin yang akan membantu perkembangan tulang dan kesehatan pencernaan anak. Sang ibu pun akan mendapatkan manfaat dari kandungan kalsium dan zat besi yang membantu menjaga kepadatan tulang ibu.

Prenagen Lactamom hadir dengan beragam varian rasa agar ibu-ibu tetap dapat memenuhi nutrisi untuk ibu menyusui tanpa harus bosan.

Berikut beberapa varian tersebut: rasa French vanilla dan rasa Velvety Chocolate . Jadi, ibu bisa pilih rasa yang sesuai selera. Atau, ibu bisa merotasi pilihan rasa yang ibu konsumsi setiap minggunya. Produk ini tersedia dalam kemasan 200 gram dan 400 gram.

Prenagen Juice

Prenagen-Juice-Pomegranate-Grape-300ml

Prenagen Juice adalah jus untuk ibu di tiap tahap kehamilan. Prenagen Juice dirancang bagi ibu hamil yang ingin menikmati snacking namun tetap menjaga kesehatan calon buah hati. Jadi, ibu tetap bisa merasakan nikmatnya camilan tanpa khawatir mengganggu kesehatan janin. Juice ini punya banyak manfaat buat kesehatan tubuh ibu dan buah hati. Cocok sebagai snack disaat ibu aktif berkegiatan dengan rasanya yang segar.

Karena kandungan vitamin C-nya tinggi maka Prenagen Juice ini membantu menjaga daya tahan tubuh Ibu selama kehamilan bahkan hingga menyusui. Selain itu Asam Folat yang terkandung jalan PRENAGEN Juice baik untuk mencegah anemia pada Ibu di tiap tahap kehamilan. Prenagen Juice dibuat dari sari buah & sayur asli yang kaya antioksidan dan menyegarkan.

Kandungan buah segar dari jus tersebut memberikan sejuta manfaat. Prenagen Juice varian Fruit & Veggie juga mengandung ekstrak daun katuk yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI Ibu. Terdapat beberapa varian rasa jus prenagen yang cocok sebagai jus yang baik untuk ibu hamil. Berikut pilihan yang bisa dipilih oleh calon ibu:

Prenagen Juice Rasa Pomegranate & Grape: varian ini merupakan jus segar yang menggunakan ekstrak buah delima dan anggur asli. Buah tersebut memiliki kandungan vitamin C yang tinggi serta sumber asam folat.

Prenagen Juice Rasa Fruit & Veggie: varian jus ini merupakan ekstrak brokoli, daun katuk, buah kiwi, dan lemon asli. Bagi ibu hamil yang menginginkan jus sayur maka jus ini jadi jawaban paling tepat.

Jangan lewatkan berbagai informasi dan promo menarik khusus produk Prenagen melalui WhatsApp KALCare atau Telegram KALCare. Nikmati juga berbagai keuntungan berbelanja di KALCare seperti promo menarik, point reward, serta informasi kesehatan ibu hamil terkini melalui artikel atau kulwap bersama pakar yang bisa Anda ikuti di Instagram maupun Facebook 

 

Salam,

KALCare.

 

Sumber: 

Produksi ASI Lebih Banyak dengan 4 Buah Ini. https://www.prenagen.com/id/khasiat-4-buah-penambah-asi (diakses pada 4 Juni 2021)

Moms Making healthy food. https://www.myplate.gov/moms-making-healthy-food-choices (diakses pada 04 Juni 2021)