Jus Sayur yang Baik untuk Anak


Jus Sayur yang Baik untuk Anak

Jus Sayur yang Baik untuk Anak

Anak seringkali menolak mengonsumsi sayur dengan berbagai bentuk, termasuk jus sayur. Alasan yang mereka lontarkan pun beragam, mulai dari tak suka rasanya, atau baunya membuat mual, dan lainnya. Solusinya, Anda bisa membuatkan si kecil jus sayur yang terbuat dari berbagai campuran sayur dan buah. Lebih enak di lidah, dan tentu saja sehat.

 

Sebagian besar anak terkadang harus dipaksa untuk makan sayur, terutama wortel, brokoli, bayam dan masih banyak lagi. Alasannya, biasanya karena mereka kurang menyukai rasa sayur yang terkadang terasa hambar maupun pahit. Nah, untuk membuat mereka tetap mengonsumsi sayur dengan cara yang lebih fun, yuk contek beberapa jenis resep jus sayur yang baik untuk dikonsumsi oleh si kecil berikut ini.

 

Jus wortel, apel dan jeruk. Wortel mungkin bukan sayuran favorit si kecil, padahal wortel mengandung vitamin A, berbagai mineral – seperti kalsium dan potassium, serta beta karoten dan lutein yang baik untuk antibodi tubuh. Nah, jika si kecil tidak doyan wortel, kombinasikan dengan buah yang manis atau sedikit asam, seperti apel dan jeruk. Gunakan juicer untuk mengolah dua buah wortel berukuran sedang dengan masing-masing sebutir jeruk dan apel. Tambahkan sedikit jahe sesuai dengan selera anak Anda. Percaya deh, rasa manis alami dari jus ini akan membuat si kecil ketagihan mengonsumsi wortel.

 

Jus bayam, pir dan stroberi. Si kecil kurang menyukai sayuran berdaun hijau?  Ya, bayam biasanya kurang disukai karena memiliki rasa yang hambar. Padahal, bayam mengandung vitamin K dan kalsium yang diperlukan untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang serta gigi si kecil. Bayam juga kaya serat, yang baik untuk pencernaannya. Cara membuat jus hijau ini gampang saja, campurkan bayam yang telah direbus sebentar dengan sebutir buah pir, beberapa butir stroberi sesuai selera, dan ½ perasan air lemon agar aromanya segar, sehingga membangkitkan selera si kecil. Untuk variasi, Anda bisa mengganti bayam dengan sayuran hijau lainnya, seperti brokoli. Jangan lupa, gunakan blender agar serat tidak terbuang, ya.

 

Jus tomat, wortel dan seledri. Anak biasanya menyukai saus tomat botolan, namun kurang menyenangi makan tomat segar. Padahal, dibandingkan dengan tomat olahan, tomat yang segar baik dikonsumsi karena kaya kandungan antoksidan dan vitamin C yang mampu melindunginya dari berbagai gangguan penyakit. Nah, agar si kecil mau makan tomat segar, bikin jus sayur yang mengkombinasikan kurang lebih 5 buah tomat matang, 2 buah wortel dan sebatang seledri, yuk. Tambahkan 2 buah balok es kecil dalam prosesnya, sehingga jus ini cocok dikonsumsi si kecil pada saat cuaca panas, karena terasa manis dan segar. Yummy!

 

Salam,

KALBE Store