Jus Sayur Bantu Diet Lebih Baik


Jus Sayur Bantu Diet Lebih Baik

Jus Sayur Bantu Diet Lebih Baik

Bagi Anda yang ogah mengonsumsi sayuran dalam bentuk utuh, mungkin dapat mempertimbangkan cara pengolahan dan penyajian dalam bentuk jus buah. Ya, terutama jika Anda tengah berdiet, namun kesulitan dalam mengolah sayur-mayur, juicing akan menjadi solusi yang tepat. Selain praktis, jus sayur juga dapat dikombinasikan dengan berbagai jenis buah sehingga kaya cita rasa. Yuk, kita bedah beberapa manfaat jus sayur untuk membantu diet sehat Anda.

 

Tidak semua orang doyan makan sayur. Selain itu, mengolah sayuran untuk dijadikan pelengkap hidangan juga terkadang diabaikan oleh sebagian besar orang, dengan alasan terkendala masalah keterbatasan waktu hingga resep. Padahal, sayur kaya akan nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh. Kekurangan asupan sayur, misalnya, dapat berpengaruh besar terhadap kesehatan sistem pencernaan dan kekebalan tubuh.

 

Nah, bagi mereka yang ingin tetap mendapatkan manfaat sayuran dapat beralih ke jus sayuran. Sayur yang diolah dalam bentuk jus terbukti praktis dan tetap bermanfaat besar bagi tubuh. Jus sayur dipercaya dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh, dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit degeneratif seperti rematik, dan lain sebagainya. Bahkan, menurut studi di Vanderbilt University, jus buah dan sayur dapat memiliki peranan besar untuk mencegah berkembangnya penyakit Alzheimer, lho.

 

Manfaat lainnya, minum jus sayur segar membantu Anda untuk mengonsumsi lebih banyak sayur dibandingkan porsi biasa yang Anda makan. Misalnya, jika diolah dalam bentuk hidangan, kita belum tentu menghabiskan satu bonggol besar brokoli sendirian. Namun, sebonggol brokoli yang dicampur dengan pisang dan yoghurt dapat menjadi segelas green smoothies yang menggiurkan, dan habis dalam sekejap.

 

Selain praktis dan sehat, konsumsi jus sayur juga disarankan bagi mereka yang tengah melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Ini karena jus sayuran dapat memberikan Anda nutrisi yang dibutuhkan, tanpa menambahkan lemak ke dalam tubuh. Jus sayur juga bermanfaat untuk menekan nafsu makan Anda. Keinginan untuk makan segala hidangan yang berlemak dan kurang sehat dapat menghilang karena segelas jus sayur yang mengandung berbagai enzim, vitamin dan mineral yang membantu menstabilkan kadar gula darah, dan membuat badan tetap berfungsi secara normal.

 

Tertarik untuk rutin mengonsumsi jus sayur? Beberapa jenis sayur yang disarankan untuk diolah menjadi jus misalnya brokoli, kale, kubis merah, lettuce atau selada jenis romaine dan escarole, seledri, serta mentimun. Anda bisa mencampurkan beberapa jenis sayuran untuk dijadikan segelas jus, atau menambahkan beberapa elemen lain seperti madu, kurma, parsley atau yoghurt agar jus sayur Anda lebih nikmat. Jus sayur dapat diminum di pagi hari sebagai pelengkap sarapan, atau kapan pun Anda inginkan. Nah, selamat juicing, ya!

 

 

 

Salam,

KALCare