Jitu Mengobati Diare


Jitu Mengobati Diare

Jitu Mengobati Diare

Salah satu tantangan yang sering kali harus dihadapi oleh para orangtua adalah mencari cara mengobati diare yang diderita oleh buah hatinya. Diare merupakan suatu kondisi di mana seseorang buang air besar dalam bentuk lembek atau cair, dengan frekuensi sering (lebih dari tiga kali) dalam satu hari (24 jam).

Pada anak, diare merupakan hal yang harus menjadi perhatian, apalagi bila diare disertai dengan muntah, karena akan menurunkan cairan dalam tubuh dengan sangat cepat. Padahal, sebagian besar komposisi tubuh anak adalah cairan.

 

Berikut yang bisa Anda lakukan di rumah saat anak mengalami diare:

 

> Beri cairan lebih banyak dari biasanya, dengan ketentuan berikut:

1) Memberikan ASI lebih sering dan lebih lama. Berhenti memberi ASI justru akan membuat anak kekurangan cairan (dehidrasi).

2) Anak dengan ASI eksklusif tetap harus diberi oralit atau air matang sebagai tambahan.

3) Anak yang tidak mendapatkan ASI eksklusif, dapat diberi susu yang biasa diminum dan oralit atau cairan rumah tangga sebagai tambahan (kuah sayur, air tajin, air matang, dsb.)

 

> Berikan oralit sampai diare berhenti. Bila muntah, tunggu 10 menit dan lanjutkan sedikit demi sedikit. Berikan 6 bungkus oralit bila diare pada anak menunjukkan adanya ciri dehidrasi.

 

> Berikan obat dengan kandungan zinc. Zinc (seng) paling utama dan tidak bisa digantikan perannya dengan memberikan antidiare.

 

> Beri anak makanan untuk mencegah kurang gizi. Makanan yang diberikan harus sesuai dengan umur anak, dan dapat ditambahkan 1-2 sendok teh minyak sayur untuk setiap porsi makanan, lebih baik lagi bila diberikan makanan kaya kalium, seperti sari buah segar, pisang, dan air kelapa.

 

> Antibiotik hanya diberikan bila ada indikasi, dan diresepkan oleh dokter.

 

> Perhatikan gejala-gejala diare parah, seperti:

1) Berak cair lebih sering

2) Muntah berulang

3) Sangat haus

4) Makan dan minum sangat sedikit

5) Timbul demam

6) Berak berdarah

7) Keluhan berak tidak membaik dalam 3 hari

 

Jika Anda ingin mengobati diare anak Anda tanpa berkonsultasi terlebih dokter, Anda dapat mencoba memberikan obat antidiare yang diformulasi khusus untuk anak-anak, seperti Neo Entrostop Anak. Hadir dengan varian rasa yang disukai si kecil, obat bebas yang tersedia di KALBE e-Store ini akan membantu Anda mengatasi si diare membandel yang terus bercokol dan menyulitkan si kecil.

 

 

Salam,

KALBE e-Store