Hindari Aktivitas Ini Jika Tidak Ingin Kehamilan Anda Terganggu


Hindari Aktivitas Ini Jika Tidak Ingin Kehamilan Anda Terganggu

Hindari Aktivitas Ini Jika Tidak Ingin Kehamilan Anda Terganggu

Menjaga asupan makanan, baik itu makan makanan sehat ataupun minum susu ibu hamil bukanlah satu-satunya hal yang perlu diperhatikan selama kehamilan. Aktivitas fisik juga harus dijaga. Ibu hamil tetap butuh olahraga. Bahkan dengan berolahraga secara teratur, kesehatan ibu dan janin akan lebih terjaga. Namun mengingat kondisi fisik yang berbeda, tentu ada penyesuaian yang harus dilakukan. Tidak semua jenis olahraga cocok untuk ibu hamil. Bahkan sekedar melakukan aktivitas berikut ini bisa sangat berbahaya.

 

Mengangkat Beban Berat

Baik beban yang sesungguhnya atau beban hidup, semua beban yang terlalu berat sama-sama buruk untuk ibu hamil dan janin. Mengangkat beban yang terlalu berat bisa memberi beban berlebih pada panggul dan punggung. Ini bisa mengakibatkan turunnya rahim akibat otot yang melemah atau yang biasa disebut dengan prolaps uteri.

 

Sauna

Suhu panas saat sauna bisa membuat bayi lahir cacat. Belum lagi bakteri dan kuman yang ada di bak air panas. Semua itu adalah ancaman yang sangat nyata bagi kesehatan Anda dan janin. Kalaupun ingin mandi air hangat, usahakan suhu airnya sama dengan suhu tubuh Anda. Jangan sampai terlalu tinggi. Agar kesehatan Anda dan janin tetap terjaga, jangan lupa minum susu ibu hamil secara teratur.

 

Yoga

Sebenarnya yoga tidak sepenuhnya dilarang untuk ibu hamil. Hanya saja ada beberapa gerakan dalam yoga yang cukup berisiko jika dilakukan. Kalau Anda ingin yoga, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter. Jika memang diperbolehkan, pastikan untuk memilih gerakan yang aman untuk dilakukan.

 

Bersepeda

Pusat keseimbangan tubuh ibu hamil yang bergeser bisa menyulitkan Anda untuk bersepeda. Ini bisa berbahaya bagi Anda dan janin. Kalaupun ingin bersepeda, gunakan sepeda statis. Itu pun dengan beberapa batasan termasuk tidak boleh dilakukan melebihi trimester kedua.

 

 

Semua aktivitas yang bisa memberatkan tubuh harus dibatasi. Jangan terlalu memaksakan diri. Perhatikan pula asupan nutrisi harian Anda. Pastikan kebutuhan Anda dan janin terpenuhi. Konsumsi susu ibu hamil untuk membantu memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan cara inilah kondisi kesehatan Anda dan janin terjaga. Pertumbuhan si kecil juga jadi lebih optimal.

 

 

 

Salam,

KALBE Store