Ini Jadinya Jika Si Kecil Tidak Cukup Mendapat ASI


Ini Jadinya Jika Si Kecil Tidak Cukup Mendapat ASI

Ini Jadinya Jika Si Kecil Tidak Cukup Mendapat ASI

Hingga usia 6 bulan, bayi wajib mendapatkan ASI eksklusif. Ini berarti tidak ada makanan selain ASI yang boleh diberikan kepada si kecil dalam rentang usia 0-6 bulan. Tentu saja, pemberian susu formula juga termasuk harus dihindari di usia tersebut. Mengingat manfaat ASI, rasanya sayang jika tidak memberikannya secara penuh. Apalagi sampai si kecil kekurangan ASI. Karena bila sampai demikian, ini yang akan terjadi.

 

Kurang Gizi

ASI mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Jika ia tidak mendapatkan ASI yang cukup, bisa dipastikan si kecil tidak akan mendapatkan semua nutrisi tersebut. Bayi pun kekurangan gizi. Akibatnya, pertumbuhannya akan terganggu.

 

Lebih Berisiko Mengalami Obesitas

Jika bayi tidak diberi ASI, lantas makanan apa yang akan diberikan oleh orang tuanya? Hampir bisa dipastikan, orang tua akan memberinya susu formula. Padahal kandungan lemak di dalam susu ini terbilang tinggi. Belum lagi risiko alergi susu sapi hingga obesitas yang menanti.

 

Gigi Rusak

Bayi yang mendapatkan susu formula terlalu dini lebih berisiko mengalami karies gigi atau rusaknya struktur gigi. Meski tidak mengandung glukosa, susu seperti ini tetap saja mengandung pemanis sukrosa. Inilah yang memberi rasa manis pada susu. Pemberian susu formula dalam jangka panjang tentu akan merusak giginya.

 

Meningkatkan Risiko Alergi

Pemberian susu formula terlalu dini bisa meningkatkan risiko alergi. Tidak hanya itu saja, risiko gangguan pencernaan hingga infeksi juga semakin tinggi. Semua itu terjadi karena kandungan susu formula yang tidak sesuai dengan kebutuhan bayi. Karena itu jika ingin memberikan makanan selain ASI, pastikan usianya sudah mencukupi.

 

Memberi ASI eksklusif itu wajib hukumnya. Anak-anak yang mendapatkan ASI eksklusif juga relatif lebih sehat saat dewasanya nanti. Perkembangan kecerdasannya juga lebih optimal. Ingat, susu formula hanya boleh diberikan saat si kecil sudah menginjak usia 1 tahun. Pemberian di luar itu hanya boleh dilakukan karena alasan medis. Setelah si kecil berusia 1 tahun, Anda bisa mulai memberinya susu yang sesuai dengan usianya. Di saat seperti inilah pemberian Susu Morinaga dianjurkan.

 

 

 

Salam,

KALBE Store