Jika Payudara Ibu Menyusui Bengkak: What to Do?


Jika Payudara Ibu Menyusui Bengkak: What to Do?

Jika Payudara Ibu Menyusui Bengkak: What to Do?

Ibu menyusui sering mengalami bengkak pada payudaranya, akibat dari terhambatnya aliran ASI yang tidak segera ditangani, atau produksi ASI yang lebih banyak daripada yang dibutuhkan bayi. Pembengkakan ini membuat payudara ibu terasa kencang dan sedikit nyeri, serta membuat rasa tidak nyaman pada tubuh ibu. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan panduan di bawah ini:

 

  • Sebaiknya kompres payudara sebelum menyusui, sehingga bayi lebih mudah untuk menyusu, dan menghisap puting susu.

 

  • Keluarkan ASI sedikit saja sebelum menyusui, agar puting lebih mudah dihisap.

 

  • Setiap kali menyusui, usahakan agar bayi menyusu pada kedua payudara dengan seimbang, agar aliran ASI pada kedua payudara ibu cepat kosong. Usahakan agar bayi menyusu pada payudara satu dan lainnya dengan durasi masing-masing 10-15 menit.

 

  • Ketika bayi menyusu, sebaiknya ibu membantu dengan memijat payudara yang sedang dihisap bayi, agar ASI lebih terangsang untuk keluar.

 

  • Ketika payudara bengkak, sebaiknya kompres payudara dengan menggunakan air hangat, kemudian pijat dengan minyak bayi sambil memutar pangkal payudara ke arah puting.

 

  • Sebaiknya keluarkan ASI dengan menggunakan pompa sebelum bengkak pada payudara terjadi.

 

Hal lain yang harus diperhatikan adalah, untuk selalu menjaga kesehatan ibu menyusui, khususnya pada bagian payudara ibu, sebab bila terjadi masalah kesehatan pada bagian payudara, dapat menghambat proses menyusui pada bayi, sehingga proses pemberian nutrisi kepada bayi pun terhambat. Semoga kini ibu terbebas dari rasa bengkak pada payudara selama masa menyusui, ya.

 

Salam,

KALBE e-Store