Harus Dibatasi, Ini Dampaknya Jika Ibu Hamil Terlalu Banyak Makan Gula

Harus Dibatasi, Ini Dampaknya Jika Ibu Hamil Terlalu Banyak Makan Gula

Masa kehamilan adalah masa yang penuh dengan dilema. Ada perasaan bahagia namun ada juga rasa khawatir. Misalnya saja terkait dengan konsumsi makanan. Bukan hanya makan sehat dan konsumsi susu ibu hamil saja yang perlu dijaga, beberapa makanan juga harus dibatasi konsumsinya. Ini juga termasuk dengan makanan manis. Namun apa yang terjadi jika ibu hamil terlalu banyak makan gula? Berikut dampaknya.

 

Berat Badan Naik Tidak Terkendali

Sangat wajar jika ibu hamil mengalami kenaikan berat badan. Meski demikian, kenaikan yang terlalu berlebihan bukanlah pertanda baik. Normalnya, kenaikan berat badan selama kehamilan berkisar di angka 15 kg. Jadi jika melebihi itu, bisa dikategorikan sebagai obesitas. Inilah yang terjadi jika Anda terlalu banyak makan gula.

 

Mudah Lelah

Dengan tambahan berat badan dan janin yang ada dalam kandungan, Anda akan merasa lebih mudah lelah dibandingkan biasanya. Untuk mengimbanginya, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan lemak sehat. Hindari makan makanan manis untuk tujuan mengisi tenaga. Memang cepat menghasilkan energi. Sayangnya energi yang dihasilkan juga cepat habis. Agar kebutuhan nutrisi terpenuhi, konsumsi susu ibu hamil juga harus dijaga.

 

Memperparah Rasa Mual

Mual hingga muntah-muntah sangat lazim dialami oleh ibu hamil. Ini terjadi akibat perubahan besar yang terjadi pada tubuh sang ibu. Akan tetapi jika Anda mengonsumsi banyak gula di masa-masa seperti ini, mual dan muntah yang dirasakan akan semakin parah. Gejala heartburn dan suasana hati yang tidak menentu juga bisa semakin parah.

 

Meningkatkan Risiko Diabetes Pada Bayi

Makanan tinggi gula adalah salah satu penyebab munculnya diabetes. Jadi jika selama kehamilan Anda terlalu banyak makan gula, besar kemungkinan Anda akan terserang penyakit diabetes. Bukan hanya Anda saja, janin yang dikandung juga berisiko mengalaminya saat ia dewasa nanti.

 

 

Mengonsumsi gula selama kehamilan sebenarnya tidak dilarang. Hanya saja Anda perlu membatasinya. Jangan terlalu berlebihan. Lagipula Anda dan janin juga butuh nutrisi seimbang. Konsumsi susu ibu hamil juga tidak kalah penting. Dengan minum Susu Prenagen secara teratur, Anda dan janin akan terhindar dari kekurangan gizi.

 

 

 

Salam,

KALBE Store