Ini Dia Jenis Sayuran yang Paling Banyak Disukai Anak-Anak

Ini Dia Jenis Sayuran yang Paling Banyak Disukai Anak-Anak

Kebanyakan orang tua pasti sudah paham akan pentingnya sayuran bagi tubuh si kecil, sebab sayur-sayuran memiliki kandungan yang bermanfaat. Sayuran merupakan sumber yang baik dari serat, mineral, dan vitamin.

Namun, kebanyakan anak sangat sulit makan sayur dan lebih memilih makanan yang disukai anak-anak pada umumnya, seperti makanan manis, atau camilan lainnya yang tidak mencukupi kebutuhan nutrisi mereka.

 

Untuk itu, para orang tua dapat mencoba berbagai tips dalam mengolah sayuran agar dapat disukai si kecil. Pemilihan jenis sayur juga penting, berikut beberapa jenis sayuran yang paling banyak disukai anak-anak.

 

  1. Tomat Anggur

Tomat anggur berbentuk kecil dan bulat sangat mudah disajikan sebagai camilan sehat, cukup dicuci dan Anda dapat menikmatinya bersama keluarga. Tomat anggur memiliki sumber serat yang baik untuk jantung, dan saluran pencernaan.

 

Selain itu, tomat ini juga mengandung vitamin A dan C yang bekerja sebagai antioksidan kuat dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat serta mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan penyakit lainnya.

 

Tomat anggur terasa asam dan sedikit manis, dan dapat menjadi makanan yang disukai anak anak Anda.

 

  1. Jagung

Harus diakui, jagung memang merupakan jenis sayuran yang banyak digemari anak-anak. Rasanya gurih, apalagi jika diberi bumbu-bumbu tambahan.

Jagung bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan, seperti popcorn, perkedel jagung, atau dicampur ke dalam sup. Mengonsumsi jagung ternyata dapat menyehatkan usus dan mengurangi risiko terkena penyakit kanker, jantung, dan diabetes tipe 2

Jagung kaya akan vitamin C, antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan menangkal penyakit seperti kanker dan penyakit jantung.

 

Jagung kuning juga merupakan sumber yang baik dari karotenoid lutein dan zeaxanthin yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan membantu mencegah kerusakan lensa yang menyebabkan katarak. Selain itu, jagung juga mengandung vitamin B, E, dan K, serta mineral yang baik untuk tubuh si kecil.

 

Baca juga: Sayuran Tinggi Kalsium yang Baik Untuk Pertumbuhan Si Kecil

 

  1. Jamur

Jamur mengandung protein, vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan si kecil.

 

Jenis tumbuhan ini ternyata memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan jantung, mencegah diabetes, dan mencegah kanker. Anda dapat menyajikan jamur dengan pasta, jamur goreng tepung, atau jamur tumis yang disukai anak-anak.

 

  1. Kembang Kol

Kembang kol merupakan sayuran dengan kandungan tinggi serat serta vitamin B. sayuran ini menyediakan antioksidan dan fitonutrien yang dapat melindungi tubuh terhadap kanker.

 

Selain itu, sayuran ini juga mengandung kolin yang penting untuk kognisi dan memori, serta nutrisi lainnya yang membantu menjaga kesehatan tubuh.

 

Baca juga: Malas Makan Sayur? Ada Solusinya untuk Tetap Hidup Sehat

 

  1. Kentang

Kentang merupakan sayuran rendah kalori dengan nutrisi penting, seperti vitamin C, vitamin B6, dan berbagai mineral. Kentang baik untuk menjaga kesehatan tulang, menjaga tekanan darah, baik untuk kesehatan jantung, peradangan, metabolisme, dan lain sebagainya.

 

Menariknya lagi, kentang dapat diolah menjadi berbagai makanan yang bercita rasa tinggi. Tak mengherankan, kentang masuk dalam jajaran sayur yang cukup digemari oleh anak-anak.

 

Baca juga: Resep Sup Daging Sayuran

 

Memilih makanan yang disukai anak anak memang agak sulit. Anda pun bisa menambahkan susu formula untuk membantu melengkapi nutrisi yang dibutuhkan anak.

 

Memberi si kecil makanan bergizi tentu akan sangat baik untuk tumbuh kembangnya. Akan tetapi, Anda juga harus memastikan bahwa nutrisi yang ia peroleh benar-benar seimbang. Untuk itulah, Susu Morinaga diciptakan. Semua itu tak lain demi menjawab kebutuhan anak-anak akan makanan bergizi seimbang.

 

Salam,

KALCare

(NA)

 

Sumber:

  • Fruits & Veggies. Diakses pada 31 Agustus 2021. Grape Tomatoes.
  • WebMD. Diakses pada 31 Agustus 2021. Corn.
  • Medical News Today. Diakses pada 31 Agustus 2021. What is the nutritional value of mushrooms?
  • Medical News Today. Diakses pada 31 Agustus 2021. How can potatoes benefit my health?
  • Medical News Today. Diakses pada 31 Agustus 2021. Everything you need to know about cauliflower.