Jenis Pemanis yang Aman untuk Penderita Diabetes

Jenis Pemanis yang Aman untuk Penderita Diabetes

Jika ada golongan yang tidak bisa lagi menikmati enaknya makanan manis, penderita diabetes pasti salah satunya. Konsumsi makanan manis sangat dibatasi. Pada titik tertentu, penderita diabetes bahkan tidak boleh mengkonsumsi makanan manis seperti biasanya. Susu diabetes pun menjadi salah satu menu diet baru bagi mereka yang menderita diabetes. Namun meski tak lagi bebas mengkonsumsi minuman atau makanan manis, bukan berarti tidak bisa mengecap rasa manis sekali lagi. Masih ada pemanis yang aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. Berikut ini beberapa diantaranya.

 

Alkohol Gula

Pemanis yang satu ini sebenarnya merupakan turunan dari serat alami buah-buahan dan sayuran. Alkohol gula memang masih mengandung karbohidrat. Akan tetapi, kandungan gula di dalamnya rendah. Karena itulah pemanis yang satu ini bisa menjadi salah satu pilihan alternatif untuk penderita diabetes.

 

Agave

Jenis pemanis buatan yang satu ini merupakan produk hasil dari getah tanaman agave. Indeks glikemik pemanis ini juga rendah sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah. Meski demikian, tingkat kemanisannya 2 kali lebih tinggi dibandingkan dengan gula pasir. Namun sama seperti pemanis buatan lainnya, sebaiknya batasi konsumsinya.

 

Stevia

Jika dibandingkan dengan pemanis buatan lainnya, bisa dibilang inilah pemanis buatan yang paling populer dan aman untuk penderita diabetes. Pemanis yang satu ini sama sekali tidak mengandung kalori dan tidak mengandung bahan kimia. Sama seperti pemanis lainnya, stevia juga mudah dicampur dengan minuman lain termasuk susu diabetes jika memang menginginkannya. Namun untuk memastikan, selalu perhatikan komposisi dalam pemanis stevia yang hendak dibeli. Pastikan bahwa memang tidak ada bahan kimia yang ada di dalam pemanis stevia yang akan dibeli.

 

Dengan pemanis di atas, penderita diabetes tetap bisa menikmati makanan manis. Bahkan mereka bisa mengkonsumsi makanan ataupun minuman manis seperti biasanya. Meski demikian, ada satu hal yang perlu diingat. Tetap kendalikan konsumsi pemanis ini. Karena bagaimanapun juga, apapun yang berlebihan pasti tidak baik untuk kesehatan. Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi penderita diabetes, konsumsi juga Susu Diabetasol.

 

 

 

Salam,

KALBE Store