Jenis Olahraga yang Aman Untuk Lansia


Jenis Olahraga yang Aman Untuk Lansia

Jenis Olahraga yang Aman Untuk Lansia

Seiring dengan bertambahnya usia, kondisi fisik umumnya semakin menurun. Gangguan kesehatan seperti osteoporosis pun mulai bermunculan. Jika sudah begini, melakukan apapun terasa sulit. Bahkan aktivitas positif seperti olahraga pun tak lagi mudah dilakukan. Mungkin memang tidak semua olahraga aman untuk lansia. Tapi masih ada beberapa olahraga yang bisa dijalankan oleh mereka yang telah lanjut usia. Inilah beberapa jenis olahraga tersebut.

 

Aerobik

Olahraga yang satu ini dapat membantu para lansia membakar kalori hingga menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Gerakan yang dilakukan dalam aerobik juga baik untuk menjaga kesehatan sendi, menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan stamina. Sebagai permulaan, aerobik bisa dilakukan dalam sesi pendek atau sekitar 5 menit selama beberapa minggu. Jika sudah terbiasa, barulah durasinya ditingkatkan hingga 30 menit. Dengan melakukan aerobik, lansia juga bisa menurunkan risiko osteoporosis.

 

Jalan Cepat

Jika joging dirasa terlalu berat, jalan cepat bisa jadi pilihan alternatif. Tidak sulit dilakukan dan tidak terlalu memberatkan. Olahraga yang satu ini juga bisa membantu membangun ketahanan dan stamina. Selain jalan cepat, beberapa olahraga lain yang juga baik untuk melatih ketahanan diantaranya adalah tenis dan renang. Olahraga ini juga bisa membantu menurunkan risiko osteoporosis.

 

Peregangan

Aktivitas olahraga seperti peregangan juga bisa menjadi pilihan untuk para lansia. Caranya cukup dengan meregangkan bagian tubuh seperti leher, tangan, pinggul dan kaki. Olahraga ini juga tidak terlalu melelahkan. Meski demikian, manfaat kesehatannya tidak bisa diremehkan. Peregangan juga baik untuk melatih sendi. Jika dilakukan secara teratur, tak hanya otot-otot saja yang semakin elastis.

 

Ketiga olahraga di atas hanya beberapa saja. Olahraga lain seperti yoga, Tai Chi, pilates dan latihan beban ringan juga cukup aman untuk lansia. Namun karena kondisi yang sudah tak lagi prima, aktivitas olahraga hendaknya dilakukan dengan hati-hati. Prinsip jangan terlalu memaksakan diri hendaknya selalu diingat. Karena meski olahraga-olahraga tersebut baik dan dapat menurunkan risiko berbagai macam penyakit termasuk osteoporosis, aktivitas olahraga yang terlalu berlebihan justru bisa mengakibatkan cedera. Untuk memperkuat tulang di usia senja, pastikan juga untuk mengonsumsi susu tinggi kalsium seperti susu Entrasol.

 

 

 

Salam,

KALBE Store