Jenis Makanan Sehat yang Wajib Ada dalam Menu Sarapan Ibu Hamil


Jenis Makanan Sehat yang Wajib Ada dalam Menu Sarapan Ibu Hamil

Jenis Makanan Sehat yang Wajib Ada dalam Menu Sarapan Ibu Hamil

Di masa kehamilan, ibu hamil dituntut untuk lebih menjaga kesehatannya. Misalnya saja terkait dengan konsumsi makanannya. Selain mengonsumsi susu ibu hamil secara teratur, pilihan makanan pokok juga harus diperhatikan. Begitu pula dengan menu sarapan. Setidaknya, ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh absen. Berikut beberapa jenis makanan tersebut.

 

Biji-Bijian Utuh

Berbeda dengan makanan olahan, kandungan gizi dalam biji-bijian yang belum melewati proses pengolahan umumnya belum mengalami kerusakan. Nutrisinya masih lengkap. Bukan hanya karbohidrat saja, biji-bijian utuh seperti ini juga mengandung protein, serat, vitamin dan folat. Semua nutrisi tersebut penting untuk pertumbuhan janin. Selain itu, mengonsumsi biji-bijian utuh juga bisa menekan nafsu makan berlebih.

 

Sayuran Hijau

Sayuran, khususnya yang berwarna hijau merupakan sumber vitamin dan mineral terbaik. Kandungan gizinya sangat kaya. Beberapa jenis sayuran hijau yang bisa dijadikan pilihan di antaranya adalah bayam, sawi hijau, paprika, kangkung, daun katuk dan daun singkong. Tentu saja, jangan lupa juga dengan susu ibu hamil Anda.

 

Buah Segar

Sama seperti sayur, buah-buahan segar juga dikenal sebagai sumber vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan. Namun jika ingin mengonsumsi buah, sebaiknya ibu hamil membatasi konsumsi buah-buahan yang tinggi gula. Beberapa buah-buahan juga harus dibatasi konsumsinya. Misalnya saja seperti nanas dan durian. Tenang saja. Masih ada banyak buah-buahan lain yang bisa dikonsumsi ibu hamil. Misalnya saja seperti apel, pisang, alpukat dan pepaya matang.

 

Susu

Waktu terbaik untuk mengonsumsi susu atau produk olahannya memang pada pagi hari dan malam hari. Protein, lemak, kalsium dan vitamin di dalamnya sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ibu dan mendukung pertumbuhan janin. Dengan mengonsumsi susu ibu hamil, pertumbuhan janin juga akan lebih optimal.

 

 

Karena mual atau morning sickness yang dirasakan, mungkin cukup sulit untuk rutin sarapan sehat. Akan tetapi, usahakan untuk selalu melakukannya. Jangan sampai melewatkan waktu sarapan. Di waktu inilah penyerapan nutrisi berjalan dengan optimal. Untuk itu, lengkapi juga dengan Susu Prenagen. Beragam nutrisi penting di dalamnya akan membantu mengoptimalkan pertumbuhan si kecil.

 

 

Salam,

KALBE Store