Jenis-jenis Diabetes Melitus

Jenis-jenis Diabetes Melitus

Diabetes melitus, penyakit berbahaya yang hingga kini belum ada obatnya. Mirisnya lagi, jumlah penderitanya terus tumbuh dan tak mengenal usia. Tua ataupun muda, semua memiliki resiko terserang penyakit ini. Bahkan tak sedikit anak-anak yang sudah menunjukkan gejala awal penyakit diabetes. Mencegah adalah cara terbaik untuk terhindar dari penyakit ini. Namun untuk bisa melakukannya, tentu diperlukan pengetahuan yang memadai tentang diabetes melitus, dimulai dari jenis-jenis diabetes itu sendiri.

 

Diabetes Melitus Tipe I

Diabetes melitus yang satu ini juga kerap dikenal dengan istilah insulin dependent diabetes. Penamaan tersebut mengacu pada keterkaitan diabetes tipe ini dengan ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi insulin. Dari total penderita diabetes, setidaknya sekitar 10% penderita mengalami diabetes tipe ini. Pengobatan untuk diabetes tipe I sendiri biasa dilakukan dengan suntik insulin secara teratur.

 

Diabetes Melitus Tipe II

Diabetes melitus tipe II adalah jenis diabetes yang paling banyak diderita. Diabetes tipe II atau non-insulin dependent diabetes adalah jenis diabetes yang merupakan sisi lain dari diabetes tipe I. Diabetes tipe ini tidak memiliki kaitan dengan insulin. Tubuh penderita diabetes melitus tipe II sebenarnya masih bisa memproduksi insulin hanya saja jumlahnya tidak cukup atau cacat.

 

Diabetes Akibat Kekurangan Gizi

Sesuai dengan namanya, diabetes jenis ini diakibatkan oleh kekurangan gizi yang parah. Meski menunjukkan kadar gula darah yang tinggi, beberapa komplikasi yang biasa ditemukan pada diabetes jenis lain tidak ditemukan di sini.

 

Diabetes Gestasional

Berbeda dengan jenis diabetes melitus sebelumnya, diabetes jenis ini memiliki kaitan erat dengan kehamilan. Dalam kondisi hamil, kadar gula darah ibu hamil akan melonjak. Inilah yang menyebabkan diabetes gestasional ini.

 

Diabetes melitus muncul akibat adanya kerusakan pada organ tubuh tertentu. Diet dan gaya hidup yang kurang sehat juga mempengaruhi faktor resiko penyakit ini. Menerapkan gaya hidup sehat adalah upaya pencegahan terbaik. Mengkonsumsi susu diabetes seperti susu Diabetasol sejak dini juga bisa menurunkan resiko terkena diabetes. Tapi kapan sebaiknya Anda mulai mengambil langkah pencegahan? Jawabannya tentu saja lebih cepat lebih baik, sebelum gejala diabetes muncul.

 

 

 

Salam,

KALCare