Jangan Terlalu Banyak Makan Makanan Asin Saat Sahur, Ini Dampaknya


Jangan Terlalu Banyak Makan Makanan Asin Saat Sahur, Ini Dampaknya

Jangan Terlalu Banyak Makan Makanan Asin Saat Sahur, Ini Dampaknya

Saat berpuasa, kita dituntut untuk menahan hawa nafsu termasuk nafsu makan dan minum selama satu hari penuh. Rasa haus seakan menjadi sahabat yang selalu menemani siapa pun yang berpuasa. Tapi kalau baru beberapa jam Anda sudah merasa haus, bisa jadi ini karena Anda kurang minum air putih di waktu sahur. Setidaknya itulah anggapan umum masyarakat. Namun ternyata bukan hanya karena itu saja. Asupan makanan saat sahur ternyata juga menentukan. Salah satunya adalah makanan yang banyak mengandung garam.

 

Penyebab Makanan Asin Dapat Memicu Rasa Haus

Garam mengandung salah satu mineral yang disebut dengan natrium. Bagi tubuh sendiri, natrium berperan sebagai pengatur cairan dalam tubuh. Jika Anda terlalu banyak makan makanan asin saat sahur, ini berarti semakin banyak natrium yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, natrium yang ada di dalam tubuh menjadi terlalu banyak.

 

Jumlah natrium yang terlalu banyak ini nantinya akan diserap oleh darah, menyebar ke seluruh tubuh dan menyerap cairan yang ada di sel-sel tubuh. Kondisi inilah yang kemudian memicu dehidrasi. Efeknya, Anda akan merasa cepat haus. Meski baru beberapa jam setelah menyelesaikan santap sahur, rasa haus itu sudah terasa.

 

Dampak Lain Dari Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Asin

Konsumsi makanan asin yang terlalu banyak tak hanya membuat tubuh dehidrasi. Makanan asin juga bisa membuat perut lebih sering berbunyi. Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa orang yang terlalu banyak mengonsumsi makanan asin atau gurih memiliki kecenderungan merasa lapar lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak. Jika Anda sedang berpuasa, kondisi seperti ini tentu sangat tidak menguntungkan.

 

Mengonsumsi makanan asin memang tidak ada salahnya. Satu-satunya hal yang membuatnya salah adalah saat Anda mengonsumsinya terlalu banyak. Konsumsi garam sendiri ada aturannya. Dalam satu hari, jumlah maksimal yang boleh dikonsumsi hanya sebanyak 1 sendok teh atau 6 gram saja. Namun tentu saja, itu adalah batasan untuk orang normal. Sedangkan untuk orang-orang yang memiliki gangguan kesehatan seperti hipertensi, penyakit jantung, ginjal dan diabetes, kebutuhan tersebut bisa sedikit lebih tinggi.

 

Daripada makan makanan asin terlalu banyak, tentu akan lebih baik jika makan makanan lengkap dan seimbang. Dipadu dengan suplemen Blackmores, puasa juga menjadi lebih lancar.

 

 

 

Salam,

KALBE Store