Jangan Mudik Saat Covid! Ini Bahayanya

Jangan Mudik Saat Covid! Ini Bahayanya

Merayakan Idul Fitri tanpa kehadiran sanak saudara memang terasa sepi. Maka tidak heran jika di Indonesia terdapat budaya mudik untuk menyambut Lebaran bersama keluarga di kampung halaman. Tetapi dengan kondisi saat ini di mana penyebaran covid-19 di Tanah Air masih tinggi, pemerintah pun mengeluarkan larangan masyarakat untuk melakukan mudik.

 

Bukan tanpa alasan pemerintah mengeluarkan larangan masyarakat untuk tidak mudik. Sebab mudik sendiri memiliki arti kegiatan perantau kembali ke kampung halaman. Sehingga terjadi perpindahan seseorang dari suatu daerah ke daerah lainnya. Tentu hal ini bertentangan dengan penetapan PSBB atau pembatasan sosial berskala besar yang saat ini sedang berlangsung pada sejumlah daerah. Bahkan mudik dapat menyebabkan bahaya tersendiri bagi masyarakat seperti berikut ini:

 

1. Meningkatkan risiko penularan

Menurut WHO, covid-19 merupakan virus yang dapat dengan mudah ditularkan dari individu ke individu lainnya. Bahkan penyakit ini juga dapat menyebar melalui kontak langsung dan bertahan hidup dalam kurun waktu tertentu pada permukaan benda. Oleh karena itu kegiatan mudik sangan rentan terhadap risiko penularan covid-19.

 

ketahui bahaya mudik selama pandemi covid-19

 

Selama mudik, tentu Anda akan berada di luar rumah pada waktu yang cukup lama karena melakukan perjalanan. Dalam perjalanan inilah terdapat kemungkinan Anda bertemu orang yang terinfeksi atau menyentuh permukaan benda yang sudah terkontaminasi virus misalnya pada fasilitas umum.

 

Selain itu, mudik dapat membahayakan keluarga di kampung halaman. Ini mungkin terjadi jika sebelumnya Anda tinggal pada wilayah dengan angka penularan tertinggi. Walaupun Anda merasa sehat, tetap saja berisiko bagi keluarga yang berada di kampung halaman. Apalagi jika Anda memiliki keluarga dengan tingkat risiko covid tinggi seperti orang lanjut usia, atau dengan penyakit diabetes yang menyebabkan komplikasi.

 

2. Tidak mengindahkan himbauan physical distancing

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, melakukan mudik sama saja dengan melanggar PSBB yang diterapkan oleh sejumlah daerah. Padahal penerapan PSBB berguan untuk mencegah risiko penularan covid-19 melalui physical distancing. Pemerintah juga menekankan kepada masyarakat untuk disiplin dan dapat melakukan segala aktivitas di rumah. Maka melakukan perjalanan mudik membuat Anda melanggar PSBB dan physical distancing karena melakukan perjalanan keluar rumah dan risiko kontak dengan orang lain.

 

3. Minimnya pelayanan kesehatan di daerah

Ada beberapa daerah di Indonesia yang memiliki fasilitas kesehatan yang terbatas. Sehingga kerap kali terjadi kasus kesehatan pada daerah dirujuk pada fasilitas kesehatan yang berada di kota besar karena keterbatasan dari segi alat dan obat. Covid-19 termasuk sebagai penyakit yang memerlukan ruangan serta peralatan khusus bagi pasien yang terinfeksi. Belum lagi alat medis khusus bagi pasien yang dalam kondisi serius.

 

Dengan tidak mudik, Anda dapat menjaga keselamatan diri sendiri dan sesama. Sebab dengan minimnya fasilitas kesehatan di kampung halaman dapat membahayakan keselamatan diri, keluarga, dan tenaga medis yang bertugas. Lebih baik tetap berada di rumah dan dapat melakukan kontak langsung dengan rumah sakit terdekat jika mengalami gejala.

 

Sudah paham kan kenapa pemerintah melarang Anda untuk mudik Lebaran di masa penyebaran covid? Yuk, patuhi aturan agar bersama kita dapat mencegah penularan covid-19 di Tanah Air. Jangan lupa untuk tetap menjalankan pola hidup sehat dengan rajin mencuci tangan, mengonsumsi makanan bergizi, dan mengonsumsi Suplemen H2 Shark Liver Oil.

 

menjaga daya tahan tubuh lebih penting selama puasa di masa pandemi covid-19

 

H2 Shark Liver Oil mengandung antioksidan Alkylglycerols yang efektif memperkuat sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mendapatkan suplemen H2 Shark Liver Oil dengan mudah di sini. Silahkan membeli suplemen & vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh hanya di KALCare. Karena KALCare menjual suplemen makanan & vitamin dewasa terbaik online agar Anda bisa pesan dari rumah aja!

 

Salam,

 

KALCare

 

Sumber:

https://www.liputan6.com/bola/read/4216924/tak-perlu-mudik-saat-pandemi-virus-corona-covid-19-ini-5-alasannya