Jangan Langsung Tidur Setelah Sahur, Ini Bahayanya Bagi Kesehatan


Jangan Langsung Tidur Setelah Sahur, Ini Bahayanya Bagi Kesehatan

Jangan Langsung Tidur Setelah Sahur, Ini Bahayanya Bagi Kesehatan

Setelah sahur, godaan untuk tidur biasanya sangat tinggi. Bahkan tak sedikit orang yang pada akhirnya tergoda dan tidur pulas hingga pagi. Sekilas kebiasaan seperti ini memang tak terlihat bermasalah. Bahkan tak ada yang berbahaya sama sekali. Tapi apakah benar demikian? Kalau memang demikian, kenapa banyak yang menganjurkan untuk tidak tidur setelah sahur? Sebenarnya tubuh membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mencerna makanan menjadi sari-sari makanan. Jika tidur sebelum itu, dipastikan akan berdampak pada pencernaan dan penyerapan makanan. Selain itu, masalah berikut juga bisa menghantui.

 

Meningkatnya Asam Lambung

Saat makanan masuk ke dalam tubuh, asam lambung akan meningkat. Inilah yang terjadi saat Anda baru selesai santap sahur. Jika makanan tersebut tidak tergiling secara sempurna, bisa dipastikan asam lambung akan mengiritasi lambung. Inilah kenapa terkadang muncul sensasi panas pada bagian dada saat Anda langsung tidur setelah makan.

 

Gangguan Pencernaan

Dalam kondisi normal, seusai makan tubuh membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mengosongkan lambung. Akan tetapi saat berada dalam posisi berbaring hal proses pencernaan ini akan terganggu. Gangguan seperti ini bisa berdampak pada pencernaan. Bahkan jika kebiasaan ini dilanjutkan, tak jarang diare dan sembelit menyusul. Saat sahur sebaiknya makanlah makanan yang banyak mengandung serat seperti sayur dan buah. Hindari menu makanan yang tinggi lemak dan gula. Semua itu dilakukan demi menjaga kesehatan pencernaan.

 

Penyakit Jantung

Efek langsung tidur setelah sahur ternyata tak berhenti di situ saja. Kebiasaan ini ternyata juga bisa memicu masalah yang lebih serius, yakni penyakit jantung. Saat Anda tidur setelah makan, ada risiko terjadi penyumbatan. Aliran darah ke otak juga terganggu. Jika kebiasaan seperti ini terus dilanjutkan, risiko penyakit berbahaya seperti jantung bisa saja terjadi.

 

Bahaya langsung tidur seusai santap sahur memang benar adanya. Mungkin sulit menahan kantuk saat sahur. Akan tetapi selalu ada cara untuk mengatasinya. Misalnya saja dengan beres-beres rumah atau mempersiapkan keperluan untuk bekerja. Agar puasa tetap lancar, Anda juga bisa memanfaatkan waktu sahur untuk minum suplemen tambahan Blackmores.

 

 

 

Salam,

KALBE Store