Jangan Asal Minum Suplemen, Ini Bahayanya

Jangan Asal Minum Suplemen, Ini Bahayanya

Suplemen, mungkin ada sebagian dari Anda yang rutin mengonsumsinya. Tujuannya pun beragam. Ada yang mengonsumsi suplemen untuk membantu menjaga daya tahan tubuh, ada juga yang sekedar memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin harian. Namun sebelum mengonsumsi suplemen tambahan, entah itu suplemen Blackmores atau yang lainnya. Anda harus tahu bahwa suplemen tak berbeda jauh dengan obat. Penggunaannya harus dikontrol. Ada dosis yang harus dipenuhi. Bahkan faktanya, suplemen tambahan tidak bisa dikonsumsi layaknya mengonsumsi makanan harian.

 

Kandungan dan Risiko Mengonsumsi Suplemen

Dalam suplemen, terkandung mineral atau vitamin sesuai dengan jenis suplemen yang digunakan. Jika yang Anda pilih adalah jenis multi vitamin, maka kandungan di dalamnya seputar vitamin dan mineral yang biasa dibutuhkan oleh tubuh. Namun selain kandungan tersebut, ada beberapa kandungan lain. Beberapa diantaranya adalah aconite, bubuk kafein, akar kava, asam usnat, chaparral hingga lobelia atau tembakau India.

 

Kandungan-kandungan tersebut biasa dijumpai pada suplemen tambahan. Namun perlu diwaspadai, kandungan tersebut juga bisa menyebabkan kejang-kejang. Mengonsumsi suplemen secara berlebihan juga bisa memicu gangguan kesehatan, khususnya gangguan ginjal dan liver. Hal ini ditemukan pada sekitar 23 ribu orang di Amerika yang terlibat dalam riset yang dilakukan oleh Consumer Reports.

 

Tips Mengonsumsi Suplemen

Satu hal yang harus selalu diingat bahwa suplemen tambahan sebenarnya tak ubahnya dengan obat-obatan. Konsumsi secara berlebihan dipastikan akan menimbulkan efek samping. Cara terbaik untuk memperoleh manfaat terbaik dari suplemen tambahan termasuk suplemen Blackmores adalah dengan mengonsumsinya hanya saat membutuhkan. Penggunaan pada ibu hamil dan menyusui juga harus dihindari.

 

Sebelum mengonsumsi suplemen, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Perhatikan pula dosisnya. Setiap suplemen memiliki aturan pakainya sendiri. Semua itu juga disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Misalnya saja pada kasus suplemen vitamin A. Jika vitamin A yang masuk ke dalam tubuh terlalu berlebihan, ini bisa memicu sakit kepala hingga kerusakan hati.  Begitu pula dengan vitamin atau mineral lain. Jika dosisnya terlalu berlebih, gangguan kesehatan dipastikan datang menghantui.

 

Memilih suplemen pun harus dilakukan dengan cermat. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk itu. Selain itu, pastikan juga untuk memilih suplemen yang memang telah teruji seperti suplemen Blackmores.

 

 

 

Salam,

KALBE Store