Jangan Asal Beri Susu Formula Pada Anak, Ini Bahayanya

Jangan Asal Beri Susu Formula Pada Anak, Ini Bahayanya

Tak ada yang lebih membahagiakan bagi orang tua selain melihat buah hatinya tumbuh sehat sempurna. Demi mengoptimalkan tumbuh kembangnya, banyak orang tua yang memberi susu formula di usia pertumbuhannya. Usia 1 tahun adalah waktu yang tepat untuk memberikan susu ini. Tapi memiliki susu pun tidak boleh sembarangan. Anda beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Karena jika asal pilih, risiko berikut ini justru bisa dialami.

 

Menurunkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bayi yang menerima susu formula memiliki kecenderungan memiliki daya tahan tubuh yang lebih rendah dibandingkan dengan bayi yang mendapatkan ASI eksklusif. Sebenarnya pemberian susu formula sendiri tidak direkomendasikan untuk anak usia di bawa 1 tahun. Jika diberikan terlalu dini, hal tersebut justru mengganggu pertumbuhannya dan membuatnya lebih rentan terserang penyakit.

 

Memicu Reaksi Alergi

Susu formula yang beredar di pasaran umumnya hadir dengan basis susu sapi. Pada anak yang tak memiliki alergi susu sapi, hal tersebut tidak ada masalah. Namun bagi anak yang memiliki alergi, hal tersebut justru bisa memberi masalah. Begitu pula dengan anak yang memiliki intoleransi laktosa. Karena itu sangat penting untuk memastikan apakah si kecil memiliki alergi atau intoleransi laksosa atau tidak dan memilih susu yang cocok untuknya.

 

Tidak ada Jaminan Kualitas

Pada susu yang telah teruji, kualitasnya memang tak perlu diragukan lagi. Namun bagaimana jika produk tersebut belum sepenuhnya teruji atau terbukti mampu memberikan manfaat untuk banyak konsumen? Belum lagi komposisi dan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Harus dipahami, susu formula adalah makanan pelengkap, bukan pengganti makanan pokok. Karena itu, kandungan nutrisinya harus seimbang dan tidak berlebihan.

 

Memilih susu formula yang telah teruji sangatlah penting. Bisa dibilang inilah cara termudah untuk menemukan susu yang berkualitas untuk si kecil. Akan tetapi, orang tua juga harus tahu susu apa yang cocok untuknya. Berkonsultasi dengan dokter sebelum memberikan susu formula juga sangat disarankan. Namun bagi Anda yang sangat peduli akan kualitas, susu Morinaga jelas bisa menjadi salah satu pilihan terbaik.

 

 

 

Salam,

KALBE Store