Jangan Abaikan Gejala Sakit Perut Ini (Bagian 2)

Jangan Abaikan Gejala Sakit Perut Ini (Bagian 2)

Rasa sakit perut yang diikuti dengan diare memang tidak boleh dianggap enteng. Simak beberapa langkah yang dapat Anda lakukan saat mengalaminya.

 

Diare biasanya diawali dengan gejala sakit perut yang mulas atau melilit, dan dapat membuat Anda merasa tak nyaman. Rasa sakit di perut ini biasanya akan menghilang untuk sementara, sesaat setelah Anda ke toilet. Namun, akan muncul lagi selama diare masih berlangsung. Nah, jangan abaikan gejala ini. Untuk mengurangi rasa nyeri perut akibat diare, lakukan langkah-langkah berikut.

 

1) Hindarkan tubuh dari dehidrasi dengan banyak minum. Saat mengalami diare, tubuh Anda kehilangan banyak cairan dan menjadi lemas. Air putih biasa tidak mengandung kandungan elektrolit, yakni gula, natrium dan kalium, yang turut hilang akibat diare. Oleh karenanya, minumlah juga minuman khusus rehidrasi yang mengandung elektrolit dan gula, misalnya sport drink. Hindari jus buah dan soda karena cenderung dapat membuat diare dan sakit perut bertambah parah.

 

2) Untuk membuat perut menjadi lebih nyaman, minumlah teh herbal, misalnya peppermint tea yang mengandung kandungan mentol untuk mengurangi sakit dan kejang otot perut akibat diare. Selain itu, Anda juga bisa mencoba chamomile tea, atau ginger tea yang dicampur dengan sedikit madu untuk hasil yang sama.

 

3) Makanlah makanan yang lembut dan nyaman di perut, khususnya yang mengandung pectin, yakni serat larut air yang  berfungsi menyerap kelebihan cairan dalam usus, dan memperlambat pergerakan feses. Makanan dengan pectin dapat memberikan rasa nyaman di perut. Beberapa contoh makanan yang mengandung pectin misalnya nasi, bubur, pisang dan wortel rebus. Selama mengalami diare, hindari makanan yang pedas, mengandung lemak, dan susah dicerna oleh tubuh.

 

4) Jika sakit perut masih berlanjut, cobalah untuk memberikan sedikit pijatan di bagian abdomen. Pijat perlahan bagian perut dengan gerakan sirkuler atau melingkar searah jarum jam untuk meredakan otot-otot perut yang tegang. Anda juga dapat menggunakan essential oil atau minyak kayu putih agar perut terasa hangat dan rileks.

 

5) Jangan lupa untuk mengonsumsi obat diare yang aman dan efektif. Salah satu solusinya adalah Entrostop dari Kalbe. Entrostop mengandung 50 mg pectin dan 650 mg attapulgite koloid aktif, yakni magnesium aluminium silikat alami yang memiliki daya adsorpsi. Keduanya bekerja sama mengadsorpsi virus, bakteri, racun dan gas dalam usus yang menyebabkan diare. Penggunaan dengan dosis yang tepat, yakni 2 tablet setelah buang air besar pada dewasa dan anak di atas 12 tahun, atau 1 tablet bagi anak usia 6-12 tahun terbukti efektif meredakan sakit perut dan diare, lho.

 

 

 

Salam,

KALBE e-Store