Jaga Kesehatan Anak Selama Musim Liburan

Jaga Kesehatan Anak Selama Musim Liburan

Liburan adalah saat menyenangkan bagi keluarga, tetapi jangan lupa bahwa, liburan terkadang membuat orangtua harus lebih mewaspadai kesehatan anak. Ini karena, ketika berlibur, jadwal anak pun berubah.

Liburan adalah saat menyenangkan bagi keluarga, tetapi jangan lupa bahwa, liburan terkadang membuat orangtua harus lebih mewaspadai kesehatan anak. Ini karena, ketika berlibur, jadwal anak pun berubah. Pada waktu anak harusnya tidur siang, bisa jadi saat itu keluarga masih berada dalam perjalanan. Selain itu, perubahan lokasi juga membuat tubuh anak tidak nyaman, dan harus beradaptasi kembali. Kondisi seperti itu sering membuat anak mengalami mabuk di perjalanan, diare, infeksi, dan gejala flu. Lantas, bagaimana ya menjaga kesehatan anak selama musim liburan? Berikut ini tipsnya.

 

>  Jika perjalanan mengharuskan Anda dan si kecil berpergian dengan pesawat, tunggulah hingga anak berumur lebih besar, agar dapat menyesuaikan diri dengan kondisi perubahan ketinggian.

 

> Jangan memaksa anak pergi berlibur, terutama ketika ia sedang sakit.

 

> Kondisikan alat transportasi yang nyaman bagi posisi duduk anak.

 

> Di daerah dengan kondisi yang berbeda dengan tempat tinggalnya, pastikan anak tetap makan dan tidur sesuai dengan waktu kebiasaannya. Untuk mencegah diare, pilihlah makanan dasar, yaitu makanan yang dimasak dan disajikan hangat, serta minum hanya air mineral saja. Perhatikan pula kemasan air mineral, dan pastikan tersegel, ya. Selain itu, air mineral juga bisa digunakan untuk menggosok gigi, sehingga mengurasi risiko terminum air mentah.

 

> Kemudian, orangtua bisa menambahkan asupan buah segar dan sayuran yang dikupas dan dipotong sendiri, sehingga terjamin kesehatannya. Jangan lupa untuk mencucinya terlebih dulu dengan air bersih.

 

> Jangan lupa, bagi orangtua dan anak, untuk membiasakan mencuci tangan atau membawa cairan hand sanitizer untuk memastikan kebersihan tangan sebelum mengkonsumsi makanan. Ini dapat mencegah diare. Namun, jika diare terjadi, berikan banyak asupan cairan.

 

> Jika menggunakan kendaraan darat, seperti mobil atau bus, upayakan agar jendela kendaraan dibuka, sehingga si kecil bisa menghirup udara segar.

 

> Jangan lupa untuk membawa bekal makanan sehat, seperti buah segar, sayuran, jus alami, sandwich dan biskuit sehat.

 

> Bawalah mainan, agar si kecil dapat terhibur dan sibuk dengan aktivitasnya, sehingga tidak terkonsentrasi pada perubahan yang terjadi, yang mungkin dapat membuatnya stres.

 

Orangtua juga harus senantiasa mendampingi si kecil ketika liburan. Jangan biarkan anak berkeliaran, dan mencoba jajan sembarangan yang bisa merugikan kesehatan anak, atau melakukan aktivitas berbahaya tanpa pengawasan. Juga, bawalah obat-obatan yang bisa menjadi pertolongan pertama bagi anak. Selamat berlibur.

 

Salam,

KALCare