Istirahat Cukup, Rahasia Menghindari Persalinan Caesar


Istirahat Cukup, Rahasia Menghindari Persalinan Caesar

Istirahat Cukup, Rahasia Menghindari Persalinan Caesar

Jika harus memilih antara melahirkan secara normal atau caesar, setiap wanita tentu memiliki jawabannya sendiri. Namun harus diakui, melahirkan secara normal memberi lebih banyak arti bagi wanita. Tak mengherankan, cukup banyak wanita yang lebih memilih untuk melahirkan secara normal. Hal ini tentu tidak bisa diperoleh begitu saja. Upaya menjaga kesehatan sejak kehamilan termasuk dengan memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan janin dengan susu ibu hamil juga memiliki peran dalam memperlancar persalinan. Tapi ada satu hal lagi yang menentukan kelancaran persalinan. Hal tersebut adalah istirahat yang cukup.

 

Manfaat Tidur Cukup Bagi Ibu Hamil

Sudah menjadi rahasia umum bahwa orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 6 hingga 8 jam setiap harinya. Kebutuhan tidur ibu hamil pun berada di rentang tersebut. Memenuhi kebutuhan istirahat seperti ini tidak hanya baik untuk mengembalikan energi sang ibu. Berbagai manfaat lain juga bisa diperoleh hanya dengan memenuhi kebutuhan tersebut.

 

Saat tidur, tubuh menjalankan fungsinya dalam meregenerasi sel-sel yang rusak. Tidur yang cukup juga bisa memperlancar produksi hormon yang baik untuk pertumbuhan, meningkatkan kekebalan tubuh dan menambah konsentrasi. Jika Anda juga menjaga konsumsi makanan setiap hari dengan mengonsumsi makanan bergizi dan susu ibu hamil, hasil yang diperoleh akan lebih baik lagi.

 

Selama masa kehamilan sendiri sebenarnya ibu hamil membutuhkan energi yang cukup besar. Bahkan melakukan aktivitas sehari-hari saja bisa menguras tenaga yang lebih besar dibandingkan biasanya. Tapi waktu istirahat bagi ibu hamil tak terbatas pada malam hari saja. Pada siang hari, sempatkan waktu beberapa saat untuk tidur siang dan relaks.

 

Bahaya Kurang Tidur Bagi Ibu Hamil

Meski manfaat tidur bagi ibu hamil begitu nyata, memenuhi kebutuhan istirahat tidak selalu sederhana. Rasa mual hingga perut yang sudah membesar membuat tidur terasa kurang nyaman bahkan serba susah. Meski demikian, tetap usahakan untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Kurang tidur pada masa kehamilan bisa berdampak serius bagi kesehatan ibu dan janin. Salah satunya adalah preeklamsia yang bisa memicu tekanan darah naik. Selain itu, risiko bayi lahir prematur juga menjadi semakin besar.

 

Selain mencukupi kebutuhan tidur, ibu hamil juga perlu menjaga asupan makanannya melalui makanan sehat ditambah dengan susu ibu hamil. Terpenuhinya kebutuhan nutrisi harian akan membantu menjaga kesehatan ibu dan menunjang pertumbuhan janin. Tapi saat memilih susu hamil, jangan salah. Selalu pilih susu berkualitas seperti Susu Prenagen.

 

 

 

Salam,

KALBE Store