Inilah Penyebab Obesitas pada Anak

Inilah Penyebab Obesitas pada Anak

Ada yang bilang kalau susu formula anak bisa membuat si kecil mengalami obesitas. Anggapan seperti ini lazim dijumpai dan tidak sepenuhnya salah. Namun harus dipahami, semua itu terjadi karena pemberian susu formula yang kurang tepat. Misalnya saja memberikan susu secara berlebihan atau memberikan susu formula terlalu dini. Selain itu, ada hal lain yang bisa memicu obesitas pada anak. Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa penyebabnya.

 

Pola Makan yang Buruk

Makan tidak teratur dan kebiasaan melewatkan sarapan bisa memicu obesitas pada anak. Menghindari sarapan juga bisa memicu rasa lapar berlebih di siang harinya. Karena itulah, anak cenderung lebih banyak makan. Padahal, makanan yang dikonsumsi belum tentu sehat dan baik untuk kesehatannya.

 

Sering Ngemil

Makanan ringan memang memiliki rasa yang enak. Akan tetapi kandungan nutrisi di dalamnya sangat sedikit. Bahkan lebih banyak dampak buruk yang bisa diakibatkan. Meski demikian, bukan berarti ngemil sama sekali tidak diperbolehkan. Si kecil masih bisa ngemil makanan sehat. Daripada makan makanan ringan, akan lebih baik memberinya buah. Memberinya susu formula anak juga bisa membantunya merasa kenyang dan mengurangi keinginan untuk ngemil secara berlebihan.

 

Kurang Aktivitas Fisik

Umumnya anak memang aktif bergerak dan memiliki rasa keingintahuan yang tinggi. Ia selalu ingin menjelajah lingkungannya dan penasaran dengan hal-hal baru. Meski demikian, era digital seperti sekarang ini memenuhi semua itu dengan cara yang berbeda. Alih-alih menjawab keingintahuan anak dengan berpetualang dan melakukan aktivitas fisik, teknologi bisa memberi jawaban tanpa harus beranjak dari tempat duduk yang nyaman.

 

Mengontrol asupan makanan dan memberi apa yang dibutuhkan si kecil bisa membantunya terhindar dari obesitas. Batasan harus diberikan. Aktivitas fisik juga harus dilakukan. Peran orang tua sangat penting di sini. Pemberian susu formula anak sendiri hendaknya dilakukan sesuai dengan kebutuhannya. Susu formula sendiri lebih mirip seperti vitamin untuk anak. Jika dikonsumsi secara berlebihan, justru dampak buruk yang didapatkan. Namun jika ingin memberikan susu formula yang seimbang, susu Morinaga bisa jadi pilihan.

 

 

 

Salam,

KALBE Store