Inilah Pentingnya Zat Besi Untuk Si Kecil

Inilah Pentingnya Zat Besi Untuk Si Kecil

Zat besi, sebuah mineral yang memiliki andil penting dalam pembentukan hemoglobin pada sel darah merah. Hemoglobin sendiri berfungsi untuk mengikat oksigen yang diperoleh dari paru-paru dan menyebarkannya ke seluruh bagian tubuh. Tapi jika zat besi yang dibutuhkan kurang memadai, proses ini akan terganggu dan menyebabkan peredaran oksigen ke seluruh tubuh tak berjalan sebagaimana mestinya. Akibatnya, orang yang mengalaminya akan merasa mudah lelah, termasuk anak-anak. Inilah yang kemudian disebut dengan anemia. Zat besi ini biasanya banyak dijumpai pada sayur-sayuran. Susu formula anak umumnya juga mengandung mineral yang satu ini.

 

Zat Besi Untuk Perkembangan Si Kecil

Saat masa pertumbuhan, anak-anak membutuhkan zat besi yang cukup. Terpenuhinya zat besi pada masa anak-anak akan memberi dampak positif pada perkembangan saraf dan otaknya. Pertumbuhan tubuh menjadi lebih optimal dan si kecil pun terhindar dari masalah-masalah seperti anemia. Tapi berapa sih kebutuhan zat besi pada anak-anak?

 

Kebutuhan zat besi ini memang sangat ditentukan oleh faktor usia. Pada anak usia 1-3 tahun, mereka membutuhkan sedikitnya 8 mg zat besi per hari. Sedangkan untuk anak usia 4-8 tahun, kebutuhannya lebih tinggi, yakni berada di angka 10 mg. Susu formula anak umumnya mengandung zat besi dalam jumlah yang telah disesuaikan.

 

Memenuhi Kebutuhan Zat Besi Pada Anak

Pemenuhan zat besi pada anak sangatlah penting. Salah satunya adalah dengan memberi makanan sehat seperti sayur bayam, kangkung, telur, daging sapi, susu sapi, buah bit hijau dan buah aprikot kepada si kecil. Selain itu susu formula anak juga menjadi salah satu sumber zat besi yang cukup bagus. Akan tetapi, pahami betul bahwa susu formula ini sebenarnya termasuk makanan pelengkap. Jadi berikan sesuai kebutuhan saja.

 

Agar si kecil tumbuh dengan sempurna dan tetap aktif, orang tua harus memenuhi kebutuhan zat besi ini. Susu formula anak memang bisa menjadi salah satu sumber zat besi. Akan tetapi memilihnya juga harus hati-hati. Perhatikan kandungan nutrisi di dalamnya. Bukan hanya harus lengkap, takarannya juga harus tepat. Untungnya susu Morinaga memiliki itu semua. Dengan susu Morinaga, kebutuhan zat besi anak akan lebih mudah terpenuhi.

 

 

 

Salam,

KALBE Store