Ini yang Terjadi Saat Usia Semakin Senja


Ini yang Terjadi Saat Usia Semakin Senja

Ini yang Terjadi Saat Usia Semakin Senja

Semakin bertambahnya usia, semakin menurun fungsi organ-organ tubuh. Berbagai penyakit juga mulai bermunculan. Misalnya saja seperti osteoporosis. Kondisi seperti ini memang lazim dialami oleh orang tua. Tapi apakah Anda harus menerimanya begitu saja? Gaya hidup sehat menjadi kunci. Untuk mencegah osteoporosis sendiri, konsumsi susu tinggi kalsium akan sangat membantu. Namun bukan hanya masalah tulang saja yang perlu diwaspadai. Berikut beberapa perubahan yang terjadi saat usia semakin senja.

 

Penglihatan Semakin Berkurang

Kondisi ini biasanya semakin terasa saat melihat di tempat yang minim cahaya. Pandangan menjadi kurang jelas. Bukan hanya ketajaman mata saja yang berkurang. Persepsi kedalaman dan kepekaan terhadap warna juga menurun.

 

Gangguan Pendengaran

Ada banyak orang tua yang mengalami penurunan fungsi pendengaran, apalagi untuk nada-nada tinggi. Ini terjadi akibat penurunan saraf pendengaran. Struktur telinga juga semakin melemah. Tentu saja, kondisi ini bisa semakin parah jika saat usia muda kerap mendengarkan suara-suara keras.

 

Kulit Menua

Bisa dibilang ini adalah tanda-tanda yang paling terlihat jelas saat usia semakin tua. Elastisitas kulit menurun. Kulit juga terlihat keriput. Penyebabnya tidak lepas dari menurunnya produksi kolagen. Sebagai informasi, kolagen adalah protein yang berperan penting dalam menjaga kekenyalan kulit. Selain itu, berkurangnya kelenjar kulit juga turut mempengaruhi penuaan pada kulit.

 

Tulang Semakin Lemah

Bagi orang tua, jatuh saja bisa berdampak serius. Tulangnya yang semakin lemah sangat mudah patah atau retak. Pengeroposan tulang atau osteoporosis seperti ini cukup lazim dialami oleh mereka yang berusia senja, terlebih jika di masa mudanya kurang olahraga dan kurang asupan susu tinggi kalsium. Tidak hanya tulang saja. Sendi juga menipis dan mudah mengalami peradangan.

 

 

Penurunan fungsi tubuh seiring bertambahnya usia memang suatu fenomena yang wajar. Fungsi organ dalam seperti jantung, ginjal, sistem pernafasan dan organ-organ penting lainnya juga akan semakin menurun. Namun semua itu bisa dicegah. Anda tidak harus mengalaminya. Misalnya saja untuk kasus osteoporosis. Anda bisa mencegahnya sejak dini dengan mengonsumsi susu tinggi kalsium. Dengan Susu Entrasol, bukan hanya kebutuhan kalsium saja yang terpenuhi. Kekuatan tulang juga akan lebih terjaga.

 

 

 

Salam,

KALBE Store