Si Kecil Tidak Mau Minum ASI? Hati-Hati, Mungkin Ini Penyebabnya


Si Kecil Tidak Mau Minum ASI? Hati-Hati, Mungkin Ini Penyebabnya

Si Kecil Tidak Mau Minum ASI? Hati-Hati, Mungkin Ini Penyebabnya

Di usia 0 hingga 6 bulan, ASI adalah satu-satunya sumber makanan si kecil. Setelah menginjak usia 6 bulan, ia mulai bisa menerima MPASI dan susu formula setelah menginjak usia 1 tahun. Meski demikian, pemberian ASI ini hendaknya dilakukan hingga si kecil menginjak usia 2 tahun. Sayangnya, memberi ASI tidak selalu mudah. Ada kalanya si kecil menolak ASI. Tapi apa yang menyebabkan si kecil tidak mau minum ASI. Yuk, cari tahu jawabannya.

 

Posisi Menyusui yang Kurang Nyaman Untuk Si Kecil

Jika si kecil tidak mau minum ASI, coba perhatikan posisi menyusui Anda. Posisi yang kurang nyaman bagi si kecil terkadang membuatnya enggan minum ASI. Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan ahlinya untuk mengetahui posisi seperti apa yang baik untuk menyusui. Namun secara umum, menyusui sebaiknya dilakukan dalam posisi berbaring.

 

Si Kecil Masih Merasa Kenyang

Sama halnya dengan orang dewasa, bayi juga tidak mau makan saat perutnya masih kenyang. Jadi jangan keburu panik dulu, terlebih jika Anda baru saja memberi si kecil ASI. Beri jeda sejenak. Setelah itu, cobalah untuk memberi si kecil ASI lagi.

 

Bingung Puting

Sebenarnya kondisi ini cukup jarang terjadi. Selama Anda memberi ASI dengan cara yang benar, kecil kemungkinan si kecil mengalami bingung puting. Dalam kondisi ini, bayi cenderung tidak mau minum ASI dari puting sang ibu lagi. Penyebabnya biasanya tidak lepas dari kebiasaan memberi ASI melalui botol.

 

Tidak Enak Badan

Entah itu karena sariawan, demam atau infeksi telinga, kondisi yang tidak nyaman seperti ini bisa membuat si kecil enggan untuk menyusu. Jika ini penyebabnya, maka Anda harus mengatasinya terlebih dahulu. Pertolongan medis jelas dibutuhkan untuk itu.

 

 

Meski si kecil tidak mau minum ASI, jangan buru-buru memberinya susu formula dulu. Cobalah untuk mencari tahu penyebabnya dan segera atasi. Pemberian susu formula terlalu dini bisa meningkatkan risiko alergi. Konsultasikan dulu dengan dokter. Jika Anda mencari susu yang kaya nutrisi dan bergizi seimbang, Susu Morinaga jawabannya.

 

 

 

Salam,

KALBE Store