Orang Tua Wajib Tahu, Ini Penyebab Sembelit Pada Bayi

Orang Tua Wajib Tahu, Ini Penyebab Sembelit Pada Bayi

Selama berusia 0-6 bulan, ASI adalah satu-satunya makanan yang boleh diberikan kepada bayi. Setelah usia tersebut, barulah si kecil boleh mendapatkan makanan lain seperti bubur atau susu formula anak saat ia menginjak usia 1 tahun. Namun dalam perjalanannya, tak jarang si kecil mengalami beberapa masalah kesehatan. Masalah yang dialami pun cukup beragam. Salah satunya berkaitan erat dengan gangguan pencernaan seperti sembelit atau susah BAB. Sebagai orang tua, mengetahui penyebab sembelit pada bayi sangatlah penting. Karena dari sinilah, para orang tua bisa mengambil langkah preventif. Berikut ini beberapa penyebab bayi sulit BAB.

 

Dehidrasi

Sama seperti orang dewasa, bayi menghidrasi tubuhnya melalui makanan dan minuman yang ia konsumsi. Namun karena pada usianya yang masih sangat belia, makanan dan minuman yang ia konsumsi pun sangat terbatas. Jadi jika ia mengalami dehidrasi, kemungkinan besar itu karena ia kekurangan ASI. Namun jika ia sudah bisa menerima MPASI, menambahkan air putih juga bisa menjadi solusi.

 

Makanan Padat

Peralihan dari ASI ke makanan yang lebih padat atau MPASI juga bisa memicu sembelit pada bayi. Pencernaan si kecil kaget menerima jenis makanan yang tidak biasa ia terima. Sebenarnya ini masih wajar. Akan tetapi hal ini bisa diantisipasi dengan memberi si kecil makanan yang kaya serat.

 

Susu Formula Anak

Sama halnya dengan MPASI, peralihan atau pengenalan ke susu formula anak juga bisa memicu konstipasi atau sembelit pada bayi. Ini bisa terjadi karena ada perbedaan kandungan nutrisi yang ada di dalam susu formula, terlebih jika dibandingkan dengan ASI. Untuk meminimalisir hal tersebut, Anda harus selektif dalam memilih susu formula. Perhatikan kandungan di dalamnya. Kalau pun juga menentukan pilihan, perhatikan reaksi tubuh si kecil saat menerimanya. Jika ada penolakan, sebaiknya konsultasikan ke dokter atau cari alternatif lain.

 

Selain ketiga hal di atas, kondisi medis tertentu juga bisa menjadi penyebab si kecil sulit BAB. Kondisi ini sebenarnya jarang terjadi. Namun jika memang demikian, Anda harus segera memeriksakannya ke dokter. Perhatikan pula asupan nutrisi hariannya. Jika si kecil sudah siap menerima makanan selain ASI, Anda bisa memberikan susu formula anak. Namun jangan salah. Pilihlah susu yang memang telah teruji seperti Susu Morinaga.

 

 

 

Salam,

KALBE Store