Ini Dia Penjelasan Virus Corona yang Menyebar di Tiongkok

Ini Dia Penjelasan Virus Corona yang Menyebar di Tiongkok

Awal tahun 2020 ini masyarakat Asia, khususnya warga Cina dihebohkan akan kemunculan virus Corona. Dilansir dari The Guardian, 41 orang terdiagnosis terkena virus Corona pada Minggu (5/1) lalu. 

Para penderita tersebut tinggal di Kota Wuhan, Cina. Data terbaru menyebutkan bahwa ada dua orang pasien virus corona yang meninggal dunia. Sedangkan, ada lima orang lainnya yang masih dalam kondisi kritis. Kita sebagai warga Indonesia pun pasti bertanya-tanya dengan musibah ini, sebenarnya bahayakah virus corona tersebut?

 

 

 

 

Sumber: klikdokter.com

 

 

 

Asal mula munculnya virus corona

 

Virus corona sebenarnya masih satu keluarga dengan SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) dan MERS (Middle East Respiratory Syndrome). Kata corona pada virus tersebut berasal dari bahasa Latin yang berarti mahkota yang sesuai dengan bentuk virus tersebut yang jika dilihat menggunakan mikroskop. Sedangkan laman resmi LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) mengatakan bahwa virus corona pertama kali diisolasi pada tahun 1965. Virus ini ternyata diambil dari cairan hidung seorang anak dengan gejala pilek. Namun, biasanya, pilek disebabkan rhinovirus atau virus influenza. Sayangnya, sampai saat ini dokter masih sulit untuk membedakan antara gejala infeksi rhinovirus, virus influenza, dan coronavirus.

 

Bagaimana virus corona bisa tersebar?

 

Beberapa menyebutkan bahwa penyebaran virus corona dapat ditularkan dari binatang lalu tertular ke manusia. Biasanya binatang yang menularkan adalah kucing. Namun, ada kemungkinan bisa juga dari manusia. Misalnya, lewat bersin atau terpapar ingus penderita.

 

Gejala virus corona

 

Terkait gejalanya, virus corona menyerupai flu biasa, seperti demam dan batuk. Namun, jangan salah sangka, karena virus ini biasanya menyebabkan penderitanya mengalami sesak napas dan secara berlebihan. Jika semakin parah, dapat menyebabkan infeksi di paru-paru dan mengalami pneumonia. Pneumonia adalah radang paru-paru yang dapat disebabkan oleh bermacam faktor seperti bakteri, virus, jamur atau benda asing yang masuk ke saluran atau parenkim paru. Pneumonia membuat keadaan paru-paru tidak berfungsi secara baik. Keadaan ini harus langsung dibawa ke dokter untuk diatasi dan ditangani secara cepat untuk proses penyembuhannya. Karena dalam hal ini kewaspadaan adalah hal yang paling utama dari kita semua.

 

Cara mengatasi virus corona

 

Untuk mencegah gejala virus corona, ada langkah-langkah yang bisa Anda lakukan, antara lain:

 

  1. Pastikan cuci tangan dan pakai masker untuk menjaga kebersihan diri Anda.
  2. Jangan pergi ke negara yang sedang tersebar penyakit virus corona. 
  3. Istirahat yang cukup dan jangan beraktivitas dulu sebelum sembuh. 
  4. Selalu minum air putih yang banyak dan disarankan untuk delapan gelas per hari.
  5. Jangan lupa untuk minum obat penurunan demam jika mengalami demam tinggi, seperti paracetamol atau ibuprofen.
  6. Jangan memakan daging yang mentah karena penyebarannya bisa dari hewan.
  7. Jangan lupa untuk meminum vitamin yang mengandung vitamin C, salah satunya Blackmores Bio C 1000 mg, untuk menjaga daya tahan tubuh Anda. 

 

Itulah penjelasan virus corona dan cara mengatasinya. Yuk, langsung saja dibeli Blackmores Bio C 1000 mg di KALCare, toko online terpercaya yang menjual suplemen makanan & vitamin dewasa. Yuk langsung saja klik di sini untuk mendapatkan Blackmores Bio C 1000 mg, karena KALBE Store menjual suplemen makanan & vitamin dewasa terbaik online.

 

 

 

 

 

 

 

Salam,

 

 

KALCare

 

 

 

Sumber:

 

 

klikdokter.com