Ini Dia Penjelasan Social Distance

Ini Dia Penjelasan Social Distance

Penyebaran Covid-19 di sejumlah Negara, termasuk Indonesia tergolong cepat. Berdasarkan data terakhir, di Tanah Air setidaknya sudah 172 orang yang dinyatakan positif terkena coronavirus. Bahkan Pemerintah sudah menyatakan bahwa corona sudah sebagai kasus Darurat Nasional.Untuk mengatasi penyebaran corona, Pemerintah pun menerapkan social distance. Tapi apakah Anda sudah tahu apa itu social distance?

 

 

 

Sumber: harianhaluan.com

 

 

 

Pengertian social distance

 

Social distance atau social distancing merupakan anjuran dari Presiden Jokowi untuk meminimalisir corona. Social distance sendiri merupakan tindakan menghindari hadir di pertemuan besar atau kerumunan orang. Anda harus menjaga jarak sekitar 2 meter jika berada bersama orang lain. Social distance sengaja meningkatkan ruang gerak fisik antar individu agar tidak terkena penyakit. Tidak hanya itu, social distance bertujuan untuk memperlambat penyebaran penyakit agar sistem kesehatan lebih siap untuk merawat pasien dengan baik.

 

Namun perlu di akui bahwa masih banyak informasi yang belum jelas mengenai social distance. Salah satunya bahkan berasal dari seorang Spesialis penyakit menular, Steven Gordon MD dari Cleveland Clinic. Menurutnya belum ada penjelasan yang memadai mengenai “kerumunan” dari segi jumlah orang. Sehingga untuk langkah aman, sebaiknya Anda menjaga jarak jika dalam satu area terdapat lebih dari 3 orang. Anda juga disarankan untuk menghindari tempat umum seperti pusat perbelanjaan, bioskop, atau stadion.

 

Cara melakukan social distance

 

Untuk melakukan social distance, ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan. Pertama, usahakan Anda dapat bekerja di rumah daripada harus ke kantor. Sebab dengan melakukan perjalan ke kantor, banyak memungkinan yang membuat Anda terserang virus corona. Misalnya pada saat menggunakan kendaraan umum, menekan tombol lift, hingga melakukan kontak dengan individu yang sudah terserang coronavirus tanpa disadari.

 

Cara kedua adalah menutup sekolah dan menerapkan pembelajaran secara online. Tidak hanya sekolah, tempat wisata juga perlu ditutup untuk sementara waktu selama persentase penyebaran virus masih tinggi. Selanjutnya, pilih untuk melakukan komunikasi virtual daripada harus bertemu secara langsung dengan orang lain. Anda juga perlu membatalkan atau menunda rapat besar selama melakukan social distance. Terakhir, ikuti anjuran yang diberikan oleh pihak berwenang selama social distance diterapkan. Misalnya mengikuti anjuran dari Kemenkes, petugas kesehatan, hingga petugas transportasi publik.

 

Social distance bukan berarti anti social

 

Kurangnya informasi mengenai social distancing tidak jarang membuat masyarakat menjadi salah kaprah. Bahkan ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan memberikan informasi yang salah. Padahal dalam keadaan seperti ini, masyarakat diharapkan dapat saling membantu untuk menurunkan tingkat penyebaran coronavirus. Kondisi ini juga membuat Anda bisa menyadarkan teman, keluarga, atau kerabat untuk tetap menjalankan pola hidup sehat seumur hidup. Sehingga tubuh Anda senantiasa sehat dan kuat untuk menghadapi penyebaran virus corona, atau virus lainnya.

 

Itulah pengertian mengenai social distance. Semoga Anda dapat menerapkan social distance dengan bijak ya. Ingat, jangan takut dan panik. Cari juga informasi-informasi dari sumber terpercaya mengenai Covid-19. Pastikan juga kebenaran dari informasi kesehatan sebelum Anda berikan kepada orang lain. 

 

Jangan lupa untuk menjaga pola hidup sehat. Mulailah mengonsumsi makanan yang bergizi terutama yang mengandung antioksidan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Anda juga dapat mengomsumsi suplemen atau makanan sehat yang dijual oleh KALCare. Karena KALCare menjual produk kesehatan terbaik online. 

 

 

 

Salam,

 

KALCare