Ini Dia Manfaat Minum Air Putih Hangat


Ini Dia Manfaat Minum Air Putih Hangat

Ini Dia Manfaat Minum Air Putih Hangat

Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan. Bahkan secara tidak sadar, kebiasaan sederhana bisa menjadi upaya dalam menjaga kesehatan. Misalnya seperti kebiasaan mengonsumsi air hangat.

 

Makhluk hidup memang sejatinya membutuhkan air. Bahkan tidak heran jika terdapat anjuran untuk mengonsumsi air sekitar delapan gelas setiap hari bagi orang dewasa. Tetapi ternyata mengonsumsi air hangat memberikan manfaat lebih bagi kesehatan. Apalagi jika kebiasaan minum air hangat dilakukan secara rutin. Nah berikut ini merupakan daftar manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi air hangat.

 

jaga kesehatan dengan mengonsumsi air hangat

 

1. Melancarkan pencernaan

Mengonsumsi air hangat dipercaya mampu melegakan dan mengaktivasi saluran pencernaan. Hal ini dapat terjadi karena organ pencernaan akan terhidrasi lebih baik dan mampu mengeliminasi sampah lebih cepat dengan mengalirnya air hangat pada perut dan usus. Selain itu, air hangat juga berperan sebagai pelumas yang bisa melancarkan pencernaan.

 

2. Mengatasi sembelit

Sembelit atau konstipasi dapat terjadi karena kurang mengonsumsi air. Sembelit sendiri disebabkan oleh penumpukan kotoran pada usus yang mengurangi kerja saluran pada usus besar sehingga membuat seseorang sulit buang air besar. Bahkan pada sebagian orang, buang air besar bisa menyebabkan rasa sakit. Bagi Anda yang menderita sembelit, minumlah air hangat pada pagi hari karena dapat membantu meningkatkan kinerja usus besar dalam melakukan kontraksi serta mengeluarkan kotoran dari dalam tubuh.

3. Melegakan hidung tersumbat

Hidung tersumbat tentu akan sangat mengganggu Anda dalam beraktivitas. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menghirup uap air panas. Uap hangat dari air panas juga dapat membantu melegakan sakit kepala akibat hidung tersumbat.

 

4. Melegakan syaraf

Manfaat minum air hangat selanjutnya adalah untuk melegakan sistem saraf. Selain itu air hangat mampu melubrikasi tubuh. Dengan begitu fungsi sistem saraf dan tubuh menjadi optimal sehingga organ dapat bekerja dengan baik.

5. Menurunkan berat badan

Minum air hangat dapat membantu Anda meluruhkan cadangan lemak di dalam tubuh. Sehingga tubuh dapat menurunkan suhu internal dan meningkatkan metabolisme. Agar lebih efektif, campurkan air hangat dengan perasan lemon atau madu setelah makan. Lemon mengandung serat pektin yang mampu mengontrol rasa lapar serta ideal bagi orang-orang yang menjalankan diet alkaline.

 

6. Meningkatkan sirkulasi darah

Manfaat air hangat untuk meluruhkan simpanan lemak dan memperlancar sistem saraf dapat memberikan efek juga bagi sirkulasi darah. Sebab air hangat mampu membantu organ tubuh dalam membawa darah. Sehingga peredaran darah dapat berlangsung lebih efektif ke seluruh tubuh.

 

7. Menghilangkan racun

Minum air hangat dapat mengeluarkan racun berbahaya dari dalam tubuh. Air hangat juga membantu membersihkan sistem di dalam tubuh. Manfaat ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi air hangat secara rutin. Sehingga sistem endokrin dalam tubuh akan teraktivasi dan menyebabkan tubuh mengeluarkan racun melalui keringat.

8. Meredakan sakit

Fungsi air hangat untuk melancarkan sirkulasi darah juga berdampak pada otot-otot tubuh menjadi rileks. Kondisi ini akan membantu Anda dalam mengatasi rasa nyeri dan sakit pada sendi-sendi. Begitu juga air hangat dapat meredakan rasa sakit pada perut, kepala, atau tubuh tertentu.

 

9. Mengelola stres

Jika Anda sedang merasa stres, minumlah air hangat. Sebab air hangat dapat meredakan stres secara perlahan. Air hangat dapat membuat otot menjadi rileks sehingga level hormon kortisol yang menyebabkan stres dapat menurun.

 

10. Meredakan sakit karena menstruasi

Sakit perut merupakan salah satu keluhan yang biasa disampaikan oleh perempuan saat menstruasi. Ternyata untuk mengatasi kram menstruasi adalah dengan minum air hangat. Air hangat bisa memberikan efek menenangkan dan melegakan otot perut dengan mengurangi kejang serta kram yang biasa dialami ketika perempuan menstruasi.

 

Itulah 10 manfaat minum air putih hangat untuk kesehatan. Agar lebih efektif, Anda dapat mengonsumsi suplemen kesehatan Blackmores Multivitamins + Minerals. Blackmores Multivitamins + Minerals mengandung vitamin A, B kompleks, C, D3,E, dan mineral berupa kalsium serta magnesium. Anda bisa mendapatkan Blackmores Multivitamins + Minerals dengan mudah di sini.

 

Blackmores Multivitamins + Minerals bantu menjaga kesehatan tubuh

 

Salam,

 

KALCare

 

Sumber:

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/06/13/114403920/10-manfaat-kesehatan-rutin-minum-air-hangat?page=all